Mahasiswa KKN UNDIP Membuat Briket Dari Bonggol Jagung Sebagai Sumber Energi Alternatif

Mahasiswa KKN UNDIP Membuat Briket Dari Bonggol Jagung Sebagai Sumber Energi Alternatif




wirausahanesia.comPelatihan pembuatan briket dari bonggol jagung merupakan salah satu program kerja mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro di Desa Tanjungsari, Kecamatan Tlogomulyo, Kabupaten Temanggung pada Minggu (21/01/2024). Kegiatan dilaksanakan pada pukul 10 pagi di halaman Balai Desa Tanjungsari yang dihadiri oleh karangtaruna dari masing-masing dusun yang ada di Desa Tanjungsari. Latar belakang dipilihnya program kerja ini karena sebagian besar masyarakat yang ada di Desa Tanjungsari bekerja sebagai petani yang banyak memproduksi jagung. Selain dimanfaatkan buah bijinya, jagung juga dapat dimanfaatkan bonggolnya, salah satunya menjadi briket yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif dan dapat menambah nilai perekonomian yang ada di desa dengan memanfaatkan sampah dari bonggol jagung itu sendiri menjadi produk yang bernilai guna.
 
Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro, yang diwakili oleh Gabriel Sheva Widya Wiranata melakukan penyampaian materi dan video mengenai pengolahan bonggol jagung menjadi briket. Selanjutnya, dilakukan diskusi dan praktik bersama karangtaruna desa yang mengikuti kegiatan tersebut mengenai materi yang telah disampaikan.Lalu, diberikan prototype produk berupa briket yang sudah dibuat dan disiapkan sebelum program tersebut berlangsung. Sosialisasi dan pelatihan program kerja pembuatan briket dari bonggol jagung terlaksana dengan cukup baik. Warga dan mahasiswa bekerjasama membangun diskusi tersebut agar menarik. Banyak warga antusias dengan menyampaikan beberapa pertanyaan pada saat pelaksanaan kegiatan tersebut.
 

Dengan terlaksananya program kerja dari Mahasiswa KKN Tim I Universitas Diponegoro mengenai pembuatan briket dari bonggol jagung, diharapkan dapat memberikan manfaat bagi semua masyarakat dan mahasiswa yang terlibat dalam hal peningkatan ekonomi untuk meningkatkan peluang usaha. Selain itu, tujuan dari program pembuatan briket dari bonggol jagung ini adalah untuk memberdayakan masyarakat di Desa Tanjungsari agar dapat memanfaatkan limbah dari bonggol jagung agar dapat diolah menjadi produk yang memiliki nilai guna dan dapat dijadikan sebagai sumber energi alternatif.



Editor:
Achmad Munandar