Cek Rumah Kita Yuk! Mahasiswa KKN Undip Ini Mengenalkan Desain Rumah Sehat Sesuai Standart Kepada Masyarakat Desa Sinangohprendeng

Cek Rumah Kita Yuk! Mahasiswa KKN Undip Ini Mengenalkan Desain Rumah Sehat Sesuai Standart Kepada Masyarakat Desa Sinangohprendeng

Penyuluhan tentang “Rumah Sehat Sesuai Standar” 
Kepada Ibu-ibu PKK Desa Sinangohprendeng
Sumber: Dokumentasi Pribadi


wirausahanesia.comDesa Sinangohprendeng dinobatkan sebagai desa bersih dan sehat dalam Lomba Desa Bersih Sehat tingkat Jawa Tengah dan mewakili Jawa Tengah untuk lomba di tingkat Nasional pada tahun 2018. Tidak heran ketika berkunjung ke desa ini, di setiap sudut desa memberikan kesan yang nyaman, bersih, dan asri. Masyarakat Desa Sinangohprendeng sangat peduli akan kebersihan dan kesehatan lingkungan rumahnya. Terdapat beberapa program yang dijalankan oleh Desa Sinangohprendeng untuk tetap menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan desa. Seperti pengumpulan dan pemilahan sampah di Bank Sampah, kerja bakti setiap Jum’at Kliwon, dan lain sebagainya.

Kepedulian masyarakat Desa Sinangohprendeng terhadap kebersihan dan kesehatan lingkungan rumah, belum lengkap rasanya jika rumah yang menjadi tempat tinggal masih belum memenuhi standart rumah sehat. Adanya edukasi terkait standart desain rumah sehat kepada masyarakat Desa Sinangohprendeng yang dilaksanakan oleh Mahasiswa KKN TIM-I Universitas Diponegoro memberikan perhatian penuh oleh masyarakat Desa Sinangohprendeng. Adinda Yanuarita Diyanti, mahasiswa Arsitektur Universitas Diponegoro melakukan penyuluhan tentang “Edukasi Kepada Warga Desa Sinangohprendeng Terkait Rumah Sehat” pada Rabu, 17 Januari 2024 yang dilaksanakan kepada Ibu-ibu PKK RW 06 selaku masyarakat Desa Sinangohprendeng.

Kegiatan diawali dengan pembukaan oleh Ibu-ibu PKK dan acara selanjutnya diisi dengan penyuluhan oleh Adinda. Sebelum melakukan penjelasan edukasi, Ibu-ibu PKK dibagikan sebuah brosur yang berisi tentang penjelasan standart rumah sehat. Penyuluhan ini bertujuan untuk memberikan edukasi betapa pentingnya memperhatikan kesehatan rumah, seperti tingkat kelembaban rumah, tingkat pencahayaan alami yang masuk ke dalam rumah, orientasi bukaan jendela yang baik untuk ruangan-ruangan tertentu, hingga standart penempatan utilitas air bersih, saluran pembuangan, dan septictank. Selain penjelasan secara lisan, pada brosur telah dicantumkan contoh desain rumah sehat dan nyaman yang sesuai dengan standart.

Brosur Edukasi Desain Rumah Sehat Sesuai Standart
Sumber: Dokumen Pribadi

Harapan dari program ini dapat memberikan edukasi dan perhatian masyarakat desa, terutama Ibu-ibu PKK Desa Sinangohprendeng akan pentingnya kesehatan dan kenyamanan harus juga diciptakan di dalam rumah. Rumah yang sehat dapat mengembangkan dan membina fisik mental maupun sosial keluarga. Yuk, tingkatkan kesadaran akan kesehatan dan kenyamanan lingkungan rumah.



Penulis: 
Adinda Yanuarita Diyanti 
(Arsitektur – Fakultas Teknik Universitas Diponegoro)

Dosen Pembimbing Lapangan: 
Imam Santoso S.T., M.T.

Editor:
Achmad Munandar