Mahasiswa KKN Undip adakan “Gerakan Gemar Menabung” bersama siswa SD Tlilir

Mahasiswa KKN Undip adakan “Gerakan Gemar Menabung” bersama siswa SD Tlilir

 



wirausahanesia.com - Edukasi finansial bagi anak usia dini sangat penting karena dapat membentuk perilaku dan kebiasaan keuangan anak ketika memasuki usia dewasa. Salah satu upaya untuk meningkatkan kesadaran bagi siswa Sekolah Dasar Tlilir akan pentingnya menabung sejak usia dini yaitu melalui pembinaan edukasi finansial budaya menabung sejak dini. Hal ini mendorong Rebbina Salsabila, Mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro untuk melakukan “Gerakan Gemar Menabung” di Sekolah Dasar dengan sasaran siswa kelas 1 sampai dengan 3. 

Program ini dilakukan pada 16, 17 dan 24 Januari 2024 setelah jam istirahat di SD Tlilir yang diawali dengan pembukaan, menonton video edukasi, pemaparan materi, mini quiz, pemberian hadiah dan dokumentasi. Pelaksanaan di lapangan berjalan sangat lancar dan mendapat antusias yang tinggi dari siswa serta guru SD Tlilir.

Harapannya dengan adanya program ini, para siswa dapat memahami serta menyadari akan pentingnya menabung sejak dini, manfaat menabung serta dapat menyusun skala prioritas berdasarkan kebutuhan ataupun keinginannya. Melalui “Gerakan Gemar Menabung” ini diharapkan para siswa bisa memulai dan melanjutkan kebiasaan tersebut di rumah masing-masing.


Penulis: 
Rebbina Salsabila 
(Akuntansi-Fakultas Ekonomika dan Bisnis)

DPL: Dr. Ir. Marry Christiyanto, M.P., IPM

Lokasi KKN: Desa Tlilir, Kec. Tlogomulyo, Kabupaten Temanggung

Editor:
Achmad Munandar