Pembuatan Peta Fasilitas Umum oleh Mahasiswa KKN TIM I Universitas Diponegoro sebagai Upaya dalam Membantu Pemerataan Pembangunan dan Pengembangan Potensi di Desa Tlilir

Pembuatan Peta Fasilitas Umum oleh Mahasiswa KKN TIM I Universitas Diponegoro sebagai Upaya dalam Membantu Pemerataan Pembangunan dan Pengembangan Potensi di Desa Tlilir

 



wirausahanesia.comTlilir, Kec. Tlogosari, Kab Temanggung (7/2/2024) - Hingga saat ini, Desa Tlilir belum memiliki peta terkait dengan persebaran fasilitas umum yang lengkap untuk menggambarkan kondisi wilayah Desa Tlilir. Oleh karena itu, perlu adanya pembuatan terkait dengan peta fasilitas umum di Desa Tlilir . Peta persebaran fasilitas umum menjadi sumber informasi yang penting karena Fasilitas umum merupakan sarana yang dapat dimanfaatkan oleh publik. Untuk memberikan gambaran lokasi fasilitas umum yang ada di Desa Tlilir, Kecamatan Tlogosari, Kabupaten Temanggung.

Melihat kondisi demikian, Macrust Ridho Alim mahasiswa KKN Tim 1 UNDIP melaksanakan program kerja berupa pembuatan peta persebaran fasilitas umum di Desa Tlilir. Pembuatan peta fasilitas umum bertujuan untuk memberikan informasi yang jelas dan terperinci mengenai lokasi serta distribusi fasilitas umum yang tersedia di Desa Tlilir, termasuk sekolah, puskesmas, pasar, dan sarana lainnya. Pembuatan peta fasilitas umum juga dilakukan sebagai upaya untuk membantu pemerintah desa dan pemerintah kabupaten dalam merencanakan pembangunan dan pelayanan publik yang lebih merata di Desa Tlilir. Hal ini juga bertujuan untuk memanfaatkan potensi wilayah secara optimal.

Pembuatan peta dilakukan pertama dengan melakukan survei lapangan untuk mengumpulkan data mengenai lokasi dan kondisi fasilitas umum di Desa Tlilir. Data tersebut kemudian diolah dan dipetakan dalam bentuk peta yang mudah dipahami dan diakses oleh masyarakat dan pihak terkait. Dengan terbitnya peta fasilitas umum, diharapkan warga, pemerintah desa, dan pemerintah kabupaten dapat memanfaatkannya sebagai acuan dalam perencanaan pembangunan dan pelayanan publik di Desa Tlilir. 

Ini merupakan contoh nyata dari kontribusi mahasiswa dalam memajukan pembangunan wilayah melalui kegiatan KKN serta pemanfaatan ilmu geodesi. Hasil peta tersebut diserahkan pada Kamis, 7 Februari 2024 di Balai Desa Tlilir yang diterima langsung oleh Perangkat Desa Tlilir, menyambut dengan antusias dan hangat atas hasil yang diberikan.



Editor:
Achmad Munandar