Mahasiswa KKN TIM 1 UNDIP Desa Salamrejo Melakukan Penyuluhan BATAGor (Badan Sehat Tanpa Gorengan) untuk Pencegahan Hipertensi di Kegiatan Posbindu

Mahasiswa KKN TIM 1 UNDIP Desa Salamrejo Melakukan Penyuluhan BATAGor (Badan Sehat Tanpa Gorengan) untuk Pencegahan Hipertensi di Kegiatan Posbindu


Konseling Gizi mengenai Hipertensi pada Posbindu Desa Salamrejo
Sumber: Dokumentasi Pribadi 


wirausahanesia.comDesa Salamrejo melaksanakan kegiatan posbindu triwulan yang dihadiri oleh remaja hingga lansia di seluruh dusun Desa Salamrejo. Kegiatan posbindu kali ini dilengkapi dengan penyuluhan BATAGOR (Badan Sehat Tanpa Gorengan) yang menjadi salah satu pencegahan penyakit hipertensi. Nabela Zaidah dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro merupakan mahasiswa yang memberikan penyuluhan terkait BATAGOR. 

Kegiatan penyuluhan BATAGOR (Badan Sehat Tanpa Gorengan) di posbindu sebagai semangat baru untuk membawa perubahan bagi masyarakat Desa Salamrejo dalam mencegah penyakit hipertensi masuk ke dalam tubuh. Kegiatan dilaksanakan pada Rabu, 18 Januari 2024 di Balai Desa Salamrejo. Masyarakat sangat antusias dalam mengikuti kegiatan terutama pada saat penyampaian materi dan konseling gizi karena masyarakat dapat menyampaikan secara langsung keluhan dan kebingungan yang dirasakan pada tubuhnya. 

Metode yang digunakan dalam kegiatan program kerja ini adalah pemaparan materi terkait bahaya hipertensi, langkah-langkah pencegahan yang dapat dilakukan untuk menghindari hipertensi, dan rekomendasi bahan dasar makanan yang dapat diterapkan dalam konsumsi sehari-hari. 

Mahasiswa KKN Undip melakukan pemaparan dan sesi tanya jawab secara langsung kepada masyarakat sehingga masyarakat dapat mengetahui langsung jawabannya. Lalu terdapat bagian konseling gizi yang bertujuan untuk membaca hasil dari cek kesehatan masyarakat, pada bagian ini masyarakat diberikan masukan pola makan dan hidup yang sehat agar terhindar dari penyakit hipertensi. Selain itu, Nabela juga memberikan modul kepada kader kesehatan guna menjadi pengetahuan lebih lanjut untuk para kader kesehatan Desa Salamrejo.

Program penyuluhan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman baru kepada masyarakat terkait bahayanya penyakit hipertensi. Dengan adanya pengetahuan tersebut, harapannya masyarakat dapat lebih peduli dengan makanan yang mereka konsumsi sehari-hari dan aktivitas yang dilakukan setiap harinya.



Editor:
Achmad Munandar