Mahasiswa Tim 1 KKN Undip Membimbing Siswa MI Nurul Islam Salamrejo dalam Pengenalan Bencana Alam dan Jalur Evakuasi

Mahasiswa Tim 1 KKN Undip Membimbing Siswa MI Nurul Islam Salamrejo dalam Pengenalan Bencana Alam dan Jalur Evakuasi

 
Edukasi Pengenalan Bencana Alam dan Jalur Evakuasi 
di Kelas 5 MI Nurul Islam Salamrejo, Selasa (16/01/2024).
Sumber: Dokumentasi Pribadi

wirausahanesia.comNabela Zaidah dari Peminatan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro bersama dengan tim KKN 1 UNDIP melaksanakan program “Pengenalan Bencana Alam dan Rancangan Pembuatan Jalur Evakuasi”. Edukasi yang dilaksanakan menitikberatkan pada pentingnya pengenalan siswa terhadap bencana alam dan memahami fungsi dari adanya jalur evakuasi di lingkungan sekolah. Dalam program ini, kelompok sasaran yang dituju adalah guru dan murid kelas 5 di MI Nurul Islam Salamrejo.

Edukasi tersebut bertujuan untuk untuk memberikan pengenalan kepada siswa terkait bencana alam yang berpotensi terjadi di daerah Salamrejo dan tata cara pembuatan, pemasangan, dan pemeliharaan jalur evakuasi di lingkungan sekolah. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 16 Januari 2024 di MI Nurul Islam Salamrejo. Program ini diselenggarakan sebagai respons terhadap kondisi lingkungan sekolah yang belom memiliki tanda jalur evakuasi. Tanda jalur evakuasi berfungsi sebagai rute yang didesain untuk menghubungkan atau mengarahkan ruangan dan bangunan pada daerah aman jika terjadi bencana alam atau insiden kebakaran.

Metode yang digunakan dalam edukasi ini adalah pemaparan materi mengenai bencana alam, pengenalan macam-macam jalur evakuasi, dan pemasangan jalur evakuasi yang dilaksanakan oleh siswa dan tim KKN Undip. Lalu terdapat poster yang memberikan informasi mengenai cara naik dan turun tangga yang baik dan benar agar tidak terjadi insiden. Selain itu, Nabela juga memberikan modul yang berisikan tata cara pembuatan, pemasangan, dan pemeliharaan jalur evakuasi di lingkungan sekolah.

Program edukasi ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik bagi guru dan murid terkait bahaya bencana alam dan pentingnya jalur evakuasi di lingkungan sekolah. Dengan adanya pengetahuan ini, diharapkan guru dan murid dapat mengoptimalkan pengetahuan tersebut di lingkungan sekolah. 



Editor:
Achmad Munandar