Inovasi Finansial : Mahasiswa KKN Tim 1 UNDIP Melakukan Sosialisasi Investasi Reksadana Melalui Aplikasi Bibit di Desa Mangli Untuk Menambah Keuntungan

Inovasi Finansial : Mahasiswa KKN Tim 1 UNDIP Melakukan Sosialisasi Investasi Reksadana Melalui Aplikasi Bibit di Desa Mangli Untuk Menambah Keuntungan

 

wirausahanesia.comDesa Mangli, Kecamatan Randudongkal, Kabupaten Pemalang (30/1/2024) – Desa Mangli merupakan desa dengan mayoritas penduduk bekerja sebagai petani dan pelaku UMKM. Masyarakat desa masih belum familier dengan instrumen investasi seperti reksadana yang dapat membantu dalam mengoptimalisasi kelebihan pendapatan mereka agar berkembang. Oleh karena itu, kami selaku mahasiswa KKN Universitas Diponegoro melakukan program pelatihan investasi reksadana melalui Aplikasi Bibit.

"Saya sangat antusias mengikuti pelatihan ini karena selama ini saya kebingungan harus investasi lewat mana," ujar Taufik, salah satu peserta pelatihan dari kalangan UMKM Desa Mangli.


Demikian antusiasme sebagian besar peserta lainnya yang mengikuti program Pelatihan Investasi Reksadana Melalui Aplikasi Bibit di Balai Desa Mangli, Selasa (30/1). Program kerja KKN ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan keterampilan berinvestasi bagi warga Desa Mangli.

Pelatihan yang berlangsung selama 1 jam ini diikuti oleh 18 peserta dari kalangan UMKM, perangkat desa, dan karang taruna. Materi disampaikan melalui slide presentasi, pamflet, booklet, dan demo aplikasi. Sesi tanya jawab berjalan cukup aktif. Banyak peserta yang bertanya terkait skema investasi, risiko, hingga langkah awal memulai investasi reksadana. Menurut perangkat desa, program pelatihan ini bisa menjadi awal masyarakat lebih bijak mengelola keuangannya. 

Kegiatan yang telah dilaksanakan ini mendapat antusiasme yang cukup baik dari masyarakat Desa Mangli, terutama dari kalangan pelaku UMKM dan Karang Taruna. Harapannya dengan adanya kegiatan ini, dapat memberikan edukasi dan keterampilan masyarakat untuk mengembangkan pendapatannya melalui instrumen reksadana yang relatif aman dan menguntungkan ini. Sehingga kesejahteraan masyarakat Desa Mangli dapat semakin membaik ke depannya.

Semoga program pelatihan ini bisa membuka wawasan dan memberi keterampilan berinvestasi bagi masyarakat Desa Mangli. Sehingga perekonomian warga bisa semakin meningkat di masa mendatang.




Penulis: 
Guhti Muhammad Sirmu 

Lokasi  KKN: 
Desa Mangli, Kecamatan Randudongkal, Kabupaten Pemalang

Editor:
Achmad Munandar