Mahasiswa KKN Undip Melakukan Digitalisasi terhadap UMKM Keripik Gadung di Desa Gendoang

Mahasiswa KKN Undip Melakukan Digitalisasi terhadap UMKM Keripik Gadung di Desa Gendoang

 



wirausahanesia.com - Mahasiswa KKN Undip Tim 1 2023/2024 di Desa Gendoang Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang, melaksanakan program kerja Digitalisasi UMKM Keripik Gadung di Desa Gendoang. Kegiatan itu diselenggarakan di Dusun Cikalong, Desa Gendoang, beberapa waktu lalu.

Kegiatan digitalisasi UMKM keripik gadung dihadiri oleh Liswati selaku pemilik UMKM Digitalisasi UMKM pada Kamis (25/1). Program kerja ini dilatarbelakangi oleh permintaan kepala desa mengenai UMKM keripik gadung Desa Gendoang yang sangat berpotensi tetapi penyebaran mengenai produknya masih sangat kurang.

”Untuk UMKM di Desa Gendoang sih ada, salah satunya keripik gadung di Dusun Cikalong. Tapi untuk penyebarannya Cuma dari mulut ke mulut saja atau grup whatsapp pribadi,” ucap Nur selaku Kepala Desa Gendoang.

Dalam pelaksanaannya, Akbar selaku Mahasiswa KKN Undip Tim 1 2023/2024 di Desa Gendoang jurusan Informatika berfokus pada digitalisasi produk, termasuk pembuatan akun e-commerce dan pelatihan untuk menggunakannya. Dengan memanfaatkan e-commerce, UMKM keripik gadung di Desa Gendoang dapat memiliki sistem yang lebih terstruktur dan terukur, meningkatkan kualitas produk, serta memperluas jangkauan pasar.

Pihak desa dan pemilik UMKM keripik gadung memberikan apresiasi yang cukup tinggi terhadap upaya Mahasiswa KKN Undip dalam membantu kemajuan UMKM di Desa Gendoang. Mereka berharap kolaborasi seperti ini dapat terus berkembang untuk kedepannya yang akan membawa dampak positif bagi pengembangan ekonomi lokal.



Editor:
Achmad Munandar