Mahasiswa KKN Tematik Rusunawa UNDIP Hadirkan Pelatih Membuat Bordir

Mahasiswa KKN Tematik Rusunawa UNDIP Hadirkan Pelatih Membuat Bordir

  


Wirausahanesia.com - Apa itu bordir? Membordir merupakan salah satu teknik menghias kain yang dikerjakan menggunakan tangan atau mesin jahit atau mesin bordir. Di dalam perkembangannya bordir memiliki peranan yang sangat penting dalam dunia busana, selain itu bordir juga berfungsi menghias topi yang menghasilkan efek timbul. 

Jenis bordir pada pelatihan kali ini yaitu berdasar karakteristik bordirnya adalah bordir timbul. Seperti namanya bordir ini akan menghasilkan efek timbul atau 3D setelah hasilnya jadi. Untuk bordir topi pada umumnya akan menggunakan bordir jenis ini. Dalam pelatihan kali ini membordir 10 topi dengan tulisan KNN-T Rusunawa 2023 yang masing-masing para staff rusunawa praktekkan. Acara pelatihan membuat bordir ini dilaksanakan pada tanggal 18 Desember 2023 di Gedung A Rusunawa Undip Jln. Prof Sudarto, Tembalang Semarang.

Pelatihan membuat bordir ini pasti akan sangat membantu dan mempermudah staff Rusunawa UNDIP dalam menciptakan produk merchandise UNDIP berupa topi bordir dengan logo UNDIP maupun tulisan UNDIP. Kegiatan pelatihan ini merupakan bentuk dari realisasi salah satu program kerja mono disiplin Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik di Rusunawa UNDIP oleh Dewi Candra Aisyah jurusan Hukum S1 Ilmu Hukum selaku mahasiswa KKN Tematik Rusunawa 2023 Universitas Diponegoro Semarang (UNDIP) dengan menghadirkan pelatih bordir professional bernama Abdul Hasyim.


Sasaran peserta dari kegiatan pelatihan ini adalah staff rusunawa maupun penghuni rusunawa undip yang tinggal di rusunawa Undip. Kegiatan ini bertujuan agar:

• Meningkatkan potensi wirausaha staff rusunawa dengan membuat produk merchandise Undip berupa topi sehingga dapat mengembangkan usahanya lebih dini dan terbimbing.

• Menangani permasalahan yaitu belum adanya tempat dimana pembelian merchandise Undip dibeli.

Pelatihan membuat bordir berlangsung cukup kondisif terlihat dari antusias staff rusunawa Undip dalam mencoba praktek langsung membuat bordir yang diaplikasikan pada topi. Diharapkan dari pelatihan ini, para staff Rusunawa Undip akan membuat produk merchandise Undip dan pihak Rusunawa akan menyediakan tempat penjualan merchandise Undip.


Penulis: 
Dewi Candra Aisyah

Jurusan: 
Ilmu Hukum

Editor:
Achmad Munandar

DPL: 
Triyono, S.H., M.Kn.

Lokasi KKN Tematik: 
Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Universitas Diponegoro