Inisiasi Mahasiswa KKN UNDIP dalam Pengoptimalan Islamic Branding Darul Ilmi Store sebagai Bentuk Muamalah Pondok Pesantren

Inisiasi Mahasiswa KKN UNDIP dalam Pengoptimalan Islamic Branding Darul Ilmi Store sebagai Bentuk Muamalah Pondok Pesantren

 


wirausahanesia.com - (Semarang 8/12) – Darul Ilmi store merupakan salah satu bisnis yang dimiliki Pondok Pesantren Darul Ilmi.  Namun, hal tersebut sebelumnya tidak berjalan dengan baik. Mahasiswi Universitas Diponegoro dalam programnya menghidupkan kembali darul ilmi store yang sebelumnya sempat tidak aktif. Pengoptimalisasian Islamic branding ini sebagai bentuk upaya untuk memperkuat citra dan identitas yang akan membuat pondok pesantren juga naik.

Dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat di pasar, Darul Ilmi store harus memperkuat daya tariknya dengan cara menegaskan identitas sebagai sebuah bisnis yang berfokus pada beberapa produk yang dimiliki seperti kerudung, sarung, totebag, dan scrunchie. Dalam hal ini pembuatan beberapa konten video branding yang melibatkan santri dan anggota KKN digencar untuk memberikan informasi terkait bisnis yang dijalankan.

Tim pengelola darul ilmi store terlibat dalam perancangan strategi pemasaran guna meningkatkan citra bisnis. Fokus untuk menggaet konsumen menjadi sebuah fokus utama untuk memenuhi kebutuhan dan preferensi dalam pengembangan branding. “Konten yang sepi membuat produk darul ilmi tidak laku dan terbengkalai begitu saja” Ujar Tutik.

Platform online untuk menyebarkan informasi terkait pengoptimalan branding untuk menjangkau lebih banyak konsumen dilakukan di Instagram, tiktok dan , memanfaatkan grup whatsapp serta komunitas yang ada. Implementasi branding darul ilmi store dimulai  pada pertengahan desember dengan yang sebelumnya hanya memiliki 25 followers dan perhari ini followers Instagram terus mengalami kenaikan. Hal ini mengasumsikan bahwasanya pembuatan konten dan video dalam rangka membranding darul ilmi store memberikan dampak yang cukup signifikan dengan kurun waktu yang hanya kurang lebih 2 minggu.

 
Dengan pengoptimalisasian branding, Darul Ilmi bertujuan untuk memperkuat posisinya sebagai destinasi utama bagi mereka yang mencari produk berkualitas. Dengan strategi yang matang dan komitmen untuk meningkatkan pengalaman pelanggan, bisnis ini diharapkan mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan dan memperkuat ikatan dengan konsumen.


Tim KKN Tematik UNDIP 2023/2024

Penulis: 
Amanda Yasmien 

Fakultas/Program Studi: 
Fakultas Ekonomika dan Bisnis/Ekonomi Islam

Editor: 
Achmad Munandar