Temukan Potensi Desa Melalui Peta SIG, Undip Lakukan Pemetaan Ternak di Dusun Sironjang

Temukan Potensi Desa Melalui Peta SIG, Undip Lakukan Pemetaan Ternak di Dusun Sironjang

  
Exploring Dusun Sironjang: Peta zonasi peternakan 
dorong Desa Wisata Agroekokultural yang inovatif dan berkelanjutan.



wirausahanesia.com - Peta zonasi peternakan di Dusun Sironjang yang terletak pada wilayah Kelurahan Pakintelan, Kecamatan Gunung Pati, Kota Semarang dibuat sebagai bentuk respons terhadap potensi yang dimiliki oleh wilayah tersebut dalam bidang peternakan. Para mahasiswa yang diterjunkan di lapangan guna keberjalanan program IPTEK Desa Binaan UNDIP (IDBU), Ratih Puji (21), beserta tim pelaksana program bahu-membahu menggali potensi di Dusun Sironjang, Kelurahan Pakintelan untuk membentuk Desa Wisata Agroekokultural. Potensi ini dinilai dapat membantu Dusun Sironjang dalam pengembangan desa wisata agroekokultural sebagai kawasan eduwisata.
 
Poster (sumber: pengolahan pribadi)
 
Berdasarkan hasil akuisisi, terlihat bahwa Dusun Sironjang memiliki faktor yang mendukung pengembangan peternakan, salah satunya karena banyaknya hewan ternak yang dikembangbiakkan, seperti sapi potong, sapi perah, kambing, domba, lebah, hingga kandang ayam closed house. Ratih Puji (21) mengemukakan alasan yang melatarbelakangi pembuatan peta zonasi ini “Karena saya menyadari adanya potensi sumber daya ternak. Sehingga dapat dilakukan diversifikasi ternak, yang akan mendorong ekonomi lokal, dan dapat meminimkan adanya sebaran penyakit.” Pembuatan peta berbasis SIG (Sistem Informasi Geografis) dinilai mampu mengembangkan Dusun Sironjang sehingga dapat berkembang menjadi kawasan eduwisata. UNDIP memiliki tujuan untuk mengembangkan desa binaannya berbasis IPTEK dengan 17 goals dari program SDGs beserta tagline-nya “UNDIP Initiatives for Sustainability”.

Peta ini terdiri atas beberapa layers pendukung, seperti basemap citra satelit, Hasil titik peternakan GPS tracking, data administrasi desa dan batas RW. Karena fokus pengembangan desa berada di Dusun Sironjang, data digitasi jalan yang ada hanya khusus untuk wilayah Sironjang. Terdapat 2 data perhubungan pada peta tersebut, yaitu jalan dan sungai.

Peta zonasi peternakan berisi sebaran ternak yang ada di wilayah Dusun Sironjang. Pertama, ada ternak sapi potong berjumlah 6 kandang yang disimbolkan dengan bulat hijau. Kemudian sapi perah yang disimbolkan dengan warna biru muda sejumlah 2 kandang. Uniknya, disini terdapat peternakan lebah sejumlah 2 buah yang ditampilkan dengan warna merah. Peternakan lebah ini terletak di perbatasan RW 01 dan RW 06 karena posisinya berada di ujung wilayah RW 01. 

Di sebelah ternak lebah, terdapat satu kandang ayam closed house yang digambarkan dengan warna hitam. Terdapat 2 kandang yang memiliki peternakan kuda, namun hanya ada satu yang khusus kuda yaitu daerah yang disimbolkan dengan warna ungu. Masyarakat yang memiliki peternakan domba sejumlah 2 orang yang ditampilkan dengan warna biru muda. Peternakan kambing mengungguli semua jenis peternakan yang ada dengan jumlah 8 kandang yang disimbolkan dengan warna kuning.

Harapannya, dengan adanya peta tersebut dapat membantu para peternak dan stakeholder dalam merencanakan pengembangan ternak yang lebih terarah. Dengan begitu, dapat membantu dalam menentukan penggunaan lahan yang paling cocok untuk masing-masing jenis ternak sehingga terjadi optimalisasi pemanfaatan lahan. Peta zonasi memungkinkan peternak untuk melihat sebaran jenis ternak dengan jelas. Hal ini dapat mendorong diversifikasi ternak yang lebih efektif, seperti mengidentifikasi peluang untuk mengembangkan jenis ternak yang kurang umum tetapi berpotensi menguntungkan, seperti lebah dan kuda. Terakhir, dengan memetakan peternakan yang ada di Dusun Sironjang, dapat membantu pengendalian dan pencegahan penyebaran penyakit hewan, karena peternakan yang terinfeksi dapat diidentifikasi dengan lebih baik.



Penulis
Ratih Puji Purwaningsih
Mahasiswi Teknik Geodesi, Universitas Diponegoro
Program IDBU Dusun Sironjang, Kelurahan Pakintelan
Kecamatan Gunung Pati, Kota Semarang

Dosen Pembimbing
Ir. Bambang Sulistiyanto, M.Agr.Sc., Ph.D., IPU.