Mahasiswa KKN Undip Memberikan Edukasi Kewirausahaan untuk Menumbuhkan Semangat Juang Bagi Anak Sekolah Dasar

Mahasiswa KKN Undip Memberikan Edukasi Kewirausahaan untuk Menumbuhkan Semangat Juang Bagi Anak Sekolah Dasar

 


wirausahanesia.com - Dalam era globalisasi dan persaingan yang semakin ketat, penting bagi generasi muda untuk memiliki keterampilan yang lebih luas dan mendalam. Salah satu keterampilan yang menjadi landasan utama kesuksesan di masa depan adalah kewirausahaan. 

Mengajarkan kewirausahaan sejak dini memiliki signifikansi yang mendalam dalam membentuk karakter, sikap mental, dan persiapan anak-anak untuk menghadapi tantangan dunia nyata. 

Untuk mengenalkan kewirausahaan di lingkup sekolah dasar, Adelia Marshanda, Mahasiswa Tim II KKN Undip 2022/2023 dari program studi Manajamen menyelenggarakan kegiatan program "Generasi Berdaya: Anak Muda Juga Bisa Berwirausaha". Kegiatan tersebut berlangsung pada Jum’at, 21 Juli 2023 di MI Islamiyah Kluwih 02. 


Melalui kelas pengenalan wirausaha, para siswa diberikan pemahaman tentang konsep dasar dalam kewirausahaan seperti mengetahui arti dari kewirausahaan, mengenali jenis-jenis kewirausahaan disekitar tempat tinggal, dan memahami apa saja yang harus disiapkan untuk berwirausaha. 

Tidak hanya itu, para siswa juga diajarkan membuat rencana bisnis sederhana yang membebaskan mereka untuk berangan-angan seandainya menjadi seorang wirausahawan sukses. Antusiasme yang ditunjukkan para siswa cukup tinggi, ada beberapa yang berencana ingin memiliki bisnis makeup, toko buku, jersey sepak bola, dan lain sebagainya.



Dengan adanya program “Generasi Berdaya: Anak Muda Juga Bisa Berwirausaha” diharapkan dapat memberikan manfaat untuk siswa/i dalam meningkatkan kreativitas, mengembangkan kemampuan berpikir logis, dan memajukan semangat juang sebagai bekal untuk menghadapi tantangan di masa depan.


Penulis :  
Adelia Marshanda
Manajemen-FEB

Lokasi :  
Desa Kluwih, Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang