Hemat Pangkal Kaya, Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro Mengajak Siswa Siswi SDN 01 Kalirejo Untuk Gemar Menabung

Hemat Pangkal Kaya, Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro Mengajak Siswa Siswi SDN 01 Kalirejo Untuk Gemar Menabung

 


wirausahanesia.com - Desa Kalirejo, Pekalongan (21/07/2023) – Menabung akan mejadi sulit ketika kita tidak terbiasa melakukannya. Kebiasaan untuk menabung sebenarnya tidak sulit apabila kita sudah terbiasa sejak dini. 

Mengetahui macam-macam bentuk uang dan cara menabung serta berhemat akan mampu melatih kemampuan untuk mengelola uang secara bijak dan sesuai kebutuha , dan mampu mendorong anak-anak terbiasa mengatur keuangan dengan baik dan tepat. Mengajarkan anak-anak untuk hidup hemat bertujuan untuk pembangunan karakteristik untuk tidak boros, disiplin, lebih menghargai uang, mandiri dan bisa membedakan keinginan dan kebutuhan.

Menabung adalah cara kita menyisihkan uang yang kita miliki untuk tujuan tertentu dalam jangka waktu tertentu. Banyak yang beranggapan tidak baik mengenalkan uang kepada anak -anak karena dapat menimbulkan mata duitan. Namun, mengenalkan uang pada anak-anak dapat mennumbuhkan rasa menghargai uang. Selain itu, anak-anak dapat belajar berhitung dari nominal sekaligus.


Dalam edukasi ini menyampaikan materi seperti pengertian uang, macam-macam jenis uang, pengertian menabung dan tips menabung sejak dini. Pada saat edukasi berjalan menggunakan bahasa dan ilustrasi yang mudah dipahami oleh anak SD. Serta saat pemaparan materi menciptakan suasana yang menyenangkan agar anak-anak  tertarik mendengarkan materi. 



Disela sela waktu penyampaian materi ada pertanyaan berhadiah yang bisa dijawab oleh anak-anak agar mereka tetap semangat. Diakhir sesi penyampaian materi juga ada pertanyaan yang harus dijawab oleh mereka dan mendapatkan hadiah berupa celengan. 

Program ini dilaksanakan di SD Negeri 01 Kalirejo dengan target kelas 4 dan 5 yang berjumlah 47 siswa. Dari kegiatan edukasi pengenalan uang dan menabung, diharapkan anak-anak SD memiliki kesadaran terhadap pentingnya menanamkan budaya menabung sejak dini.  

Serta memiliki rasa menghargai uang dan terbiasa untuk menyisihkan uang untuk menabung. Agar nantinya akan memiliki kebiasaan untuk berhemat dan mampu membedakan mana keinginan dan kebutuhan. 




Penulis: 
Dzakiyah Latdurida
40011420650034 
(Akuntansi Perpajakan-Sekolah Vokasi)

Dosen Pembimbing KKN: 
Nenik Woyanti., SE., M.Si

Lokasi: 
Desa Kalirejo, Kecamatan Talun, Kabupaten Pekalongan