Balai Desa Jaten Makin Aman! KKN TIM II UNDIP Melatih Pembuatan Jalur Evakuasi Sebagai Upaya Tanggap Bencana

Balai Desa Jaten Makin Aman! KKN TIM II UNDIP Melatih Pembuatan Jalur Evakuasi Sebagai Upaya Tanggap Bencana

 


wirausahanesia.comBoyolali (9/08/2023) - Program KKN TIM II UNDIP 2023 dengan judul "Pelatihan Cara Merancang & Memetakan Jalur Evakuasi pada Kantor Balai Desa Desa Jaten Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Tanggap Bencana Sesuai SOP" sukses memberikan pelatihan bagi kader dari perangkat desa Desa Jaten, Kecamatan Klego, Kabupaten Boyolali.

Saat melakukan survei permasalahan pertama kali ke Balai Desa Jaten, penulis menemukan masalah serius terkait belum adanya standar yang jelas tentang panduan evakuasi pada tempat umum tersebut. Di sisi lain, Balai Desa Jaten sendiri juga memiliki aktivitas pelayanan publik yang ditujukan bagi warga Desa Jaten. Hal ini berarti penghuni dari Balai Desa Jaten sehari-harinya cukup banyak. 

Oleh karena itu, demi mewujudkan keselamatan dan sebagai standar kebijakan yang perlu diterapkan pada tempat umum, khususnya Balai Desa Jaten, penulis memberikan pelatihan merancang jalur evakuasi sesuai dengan SOP pada kader perangkat Desa Jaten. Pelatihan ditujukan pada Bapak Joko selaku Kepala Kasi Pemerintahan di struktur organisasi Desa Jaten. 



Survei pertama kali dilakukan pada tanggal 15 Juli 2023 dengan tujuan untuk mengetahui permasalahan yang ada. Kemudian dilakukan survei lanjutan pada tanggal 19 Juli 2023 untuk mengukur ruangan Balai Desa Jaten sebagai referensi perancangan jalur evakuasi. Pada tanggal 24 Juli 2023, dilakukan pelatihan pada kader terkait perancangan jalur evakuasi menggunakan software microsoft visio di Balai Desa Jaten.

Penulis juga tidak lupa memberikan penanda (sign) dari bahan akrilik untuk simbol titik kumpul (assembly point) yang nantinya akan dipasang di ruang terbuka sesuai dengan arahan dari jalur evakuasi. Selain itu, penulis juga memberikan modul "Evakuasi Bencana" yang diberikan kepada kader sebagai panduan dalam melakukan evakuasi bencana apabila terjadi bencana di masa depan.


Penulis: 
Kristian Dwi Kurnia (21070120120036) 
Jurusan Teknik Industri
Fakultas Teknik 
Universitas Diponegoro


Dosen Pembimbing Lapangan: 
Dr. Ir. Baginda Iskandar Moeda T., M.Si., IPM