Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro Beri Edukasi dan Pelatihan Pembukuan Keuangan yang Praktis Melalui Aplikasi BukuKas

Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro Beri Edukasi dan Pelatihan Pembukuan Keuangan yang Praktis Melalui Aplikasi BukuKas

 


wirausahanesia.comPerkembangan dunia digital semakin pesat dalam berbagai aspek, salah satunya yaitu dalam dunia ekonomi dan bisnis (usaha). Dalam dunia usaha, pembukuan keuangan menjadi salah satu aspek penting bagi kemajuan usaha. 

Berdasarkan Survei yang dilakukan pada Minggu, 8 Januari 2023 Masih banyak pelaku UMKM Desa Karangkepoh yang kesulitan dalam hal pembukuan keuangan sehingga Pembukuan masih manual dan belum teratur. 

Berdasarkan Permasalahan tersebut, Pada hari Rabu, 25 januari– Kamis, 26 januri 2023, Mahasiswa KKN Tim 1 UNDIP, Winda Febriyanti melakukan kegiatan Monodisiplin yang bertema Digitalisasi UMKM terkait Pembukuan Keuangan yang Praktis Melalui Aplikasi BukuKas. Program ini ditujukan untuk Para Pelaku UMKM Desa Karangkepoh, sebagai langkah digitalisasi pembukuan dari sistem konvensional ke digital sehingga lebih praktis dan efektif.

Aplikasi BukuKas adalah aplikasi gratis pembukuan keuangan. Jika dibandingkan catat keuangan secara manual, Aplikasi ini lebih mudah dan fleksibel jika digunakan karena hemat waktu, gratis, fleksibel, catatan keuangan otomatis seperti Pencatatan pengeluaran dan pendapatan, Pencatatan hutang piutang, laporan arus kas, laporan laba rugi terdapat juga fitur sebagai Pengingat hutang yang bisa di ingatkan melalui whatsapp pelanggan. 

Selama Pelaksanaan program Edukasi dan Pelatihan, Pelaku UMKM sangat antusias dan lebih mudah menerima penjelasan materi yang diberikan. Berdasarkan wawancara dengan salah satu UMKM, ia mengatakan sangat terbantu dengan kegiatan pelatihan aplikasi BukuKas ini. 

“sebelumnya saya masih kesulitan dan belum teratur dalam pembukuan keuangan dikarenakan masih menggunakan metode manual, namun setelah pelatihan ini saya merasa terbantu dapat menghitung pembukuan menjadi lebih mudah dan praktis sehingga nantinya diharapkan dapat meningkatkan keuntungan”, ungkap Pak Yanto.


Tujuan Pelaksanaan program diharapkan Pelaku UMKM Desa Karangkepoh dapat mengaplikasikan Bukukas untuk memudahkan pembukuan keuangan sehingga dapat di lihat secara jelas keuntungan yang didapatkan serta mendukung keberlanjutan UMKM agar dapat meningkatkan profitabilitas. Selain itu juga terdapat pemberian modul sebagai bahan panduan dalam pengaplikasian aplikasi Bukukas dengan Praktis, efektif, Dan efisien.