Mahasiswa KKN Undip Sosialisasi Pembuatan Cash Flow untuk UMKM Batang

Mahasiswa KKN Undip Sosialisasi Pembuatan Cash Flow untuk UMKM Batang

 


wirausahanesia.comBatang, 01 Februari 2023 Telah diselenggarakan acara Sosialisasi UMKM Tangguh yang berjalan secara lancar. Di hadiri kurang lebih 30 usaha UMKM yang ada di desa Gombong yang terbagi atas 3 dusun yaitu Krajan, Munggangsari, dan Silombang. Opak, Emping, Rengginang, Toko merupakan usaha unggulan di sektor perdagangan yang ada di desa Gombong yang waktu itu menyempatkan waktunya untuk datang ke acara tersebut. 

Tujuan sebagian besar usaha UMKM yaitu mendapatkan keuntungan sebesar besarnya dan meminimalkan beban yang terpakai. Saat ini banyak sekali UMKM yang kurang memperhatikan pembukuan sederhana dalam mencatat transaksi yang berlangsung. Padahal pencatatan keuangan memiliki manfaat agar bisa menelusuri beresarnya keuntungan atau kerugian yang selama ini terjadi di suatu usaha. 

Aplikasi Buku Kas merupakan aplikasi yang ada di google play store dapat membantu proses pembukuan sederhana berbasis Cash Flow yang dapat memantau dalam stock barang sampai hutang piutang. Sosialisasi ini disampaikan oleh mahasiswa Universitas Diponegoro yaitu M. 

Firdaus Aninzia Ulhaq dari Mahasiswa KKN Undip jurusan Akuntansi Perpajakan. Selama acara berlangsung dipaparkan bagaimana cara penggunakan aplikasi BUKU KAS ini dan apasaja kegunaannya. Di akhir acara diarahkan kepada seluruh UMKM untuk lebih peduli terhadap pembukun keuangan dengan cara mengunduh aplikasi Buku Kas ini.