Mahasiswa KKN Tim 1 UNDIP Kenalkan Reksa Dana Sebagai Instrumen Investasi Pada Anggota PKK Desa Pekauman Kulon

Mahasiswa KKN Tim 1 UNDIP Kenalkan Reksa Dana Sebagai Instrumen Investasi Pada Anggota PKK Desa Pekauman Kulon

 


wirausahanesia.comKabupaten Tegal, 7 Februari 2023. Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah sebuah kegiatan yang wajib diikuti oleh mahasiswa tingkat akhir sebagai salah satu syarat kelulusan. Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan wadah dimana para mahasiswa dapat melakukan pengabdian langsung kepada masyarakat dengan cara menerapkan ilmu pengetahuan yang telah mereka dapat selama mengikuti perkuliahan. 

 Mahasiswa Universitas Diponegoro yang sedang melakukan kegiatan KKN di Desa Pekauman Kulon, Kecamatan Dukuhturi, Kabupaten Tegal melakukan sosialisasi mengenai pengenalan instrumen investasi kepada Ibu-ibu anggota organisasi Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK). 

Sosialisasi ini bertujuan untuk mengenalkan dunia investasi serta sarana untuk berinvestasi kepada anggota PKK. Investasi dapat dijadikan sarana untuk mencapai tujuan keuangan, seperti mempersiapkan dana pensiun, dana darurat, ataupun dana pendidikan anak dikemudian hari. 

Kegiatan sosialisasi yang merupakan program kerja monodisiplin oleh Vincentius Lopiga Surbakti, Mahasiswa Sekolah Vokasi Undip Jurusan Akuntansi Perpajakan, bertempat di Sasana Rembug Warga Balai Desa Pekauman Kulon. 


Sosialisasi yang dilakukan berupa pemberian modul edukatif mengenai investasi, pemaparan materi tentang pentingnya berinvestasi, cara memilih instrumen investasi yang tepat untuk pemula, persiapan sebelum terjun pada dunia investasi, lalu dilanjutkan dengan pengenalan instrumen investasi yaitu reksadana.

Pemilihan reksadana dinilai tepat untuk calon investor pemula yang ingin memulai berinvestasi karena dokumen yang harus dipelajari dan pemantauan pasar yang jauh lebih sedikit, selain  itu berinvestasi melalui reksa dana dapat dimulai dengan dana yang kecil, serta dana investasi dari investor dikelola oleh manajer investasi profesional yang didukung oleh tim peneliti.