Digitalisasi Teknologi, Kelola Uang Bisa Pakai Aplikasi Smartphone

Digitalisasi Teknologi, Kelola Uang Bisa Pakai Aplikasi Smartphone

 


wirausahanesia.comKabupaten Tegal (11/02/2023) – Salah satu Program Kerja Mahasiswa KKN Tim 1 Undip di Desa Harjosari Kidul adalah mengelola keuangan menggunakan aplikasi digital. Program ini dilaksanakan oleh Amnan Sholahuddin pada hari Minggu (22/01/2023) di kesekretariatan organisasi remaja di desa setempat.

Salah satu permasalahan yang ada di Desa Harjosari Kidul adalah pengelolaan keuangan yang kurang baik. Jauhnya akses ATM serta sistem pembayaran upah yang masih konvensional menjadi faktor utama permasalahan tersebut.

“Kita nggak bisa mengelola uang dengan baik itu karena pembayaran upah disini masih pakai sistem cash,” ujar Syaeful Huda, ketua karang taruna desa setempat.

Alternatif yang diberikan oleh mahasiswa adalah sebuah aplikasi pada smartphone “Catatan Pengeluaran Harian”. Aplikasi ini dapat dimanfaatkan untuk melakukan pencatatan keuangan sehari-hari. Selain itu, mahasiswa juga memberikan edukasi tentang pentingnya mengelola keuangan.

“Oh iya mas, memang saya sendiri butuh aplikasi seperti ini karena saya pribadi sering lupa kok tiba-tiba uang saya habis, terus saya ingat-ingat lagi tadi beli apa saja,” tanggapan Syaeful Huda.


Program kerja ini berjalan dengan lancar, terlihat dari antusias remaja yang mengikuti kegiatan. Beberapa remaja bahkan memiliki ide untuk menerapkan sistem pencatatan keuangan di lingkup organisasi.

“Wah kalau pakai aplikasi kayak gini enak dong mas, kan saya jadi bendahara di organisasi,” ujar salah satu remaja.

Program kerja ini diterima oleh masyarakat desa setempat. Mahasiswa KKN Tim 1 Undip berhasil berbagi ilmu kepada masyarakat. Diharapkan ilmu tersebut dapat berguna baik masa sekarang maupun masa depan.