Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Umur Bangunan, Mahasiswa KKN Tim I UNDIP 2024 Menggelar Pendampingan Terkait Pemeliharaan Bangunan Struktur Kayu

Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Umur Bangunan, Mahasiswa KKN Tim I UNDIP 2024 Menggelar Pendampingan Terkait Pemeliharaan Bangunan Struktur Kayu

 
Penyampaian Materi terkait Pemeliharaan Bangunan Struktur Kayu 
kepada Perangkat dan Warga Desa Salamrejo
Sumber: Dokumentasi Pribadi

wirausahanesia.comSalamrejo, Kab. Temanggung (24/01/2024) – Pemeliharaan suatu bangunan memiliki komponen-komponen penting yang harus diperhatikan oleh pemilik bangunan tersebut. Struktur bangunan yang ada di Desa Salamrejo mayoritas masih menggunakan kayu, terlebih pada rumah warga. 

Kayu merupakan material bangunan yang rentan terhadap kondisi lingkungan baik cuaca maupun serangan serangga sehingga perlu mengetahui tata cara serta metode pemeliharaan dan perawatan yang sesuai dengan karakteristik spesifik dari bangunan struktur kayu. Pemeliharaan bangunan struktur kayu di Desa Salamrejo membutuhkan perhatian khusus guna meningkatkan umur bangunan. 

Setelah dilakukan survei dan observasi di wilayah sekitar desa, terlihat banyak rumah warga yang plafond, dinding, dan lantainya menggunakan komponen kayu. Musim hujan pada awal tahun sering membuat rumah warga mengalami kebocoran sehingga lembab yang menyebabkan struktur kayu menjadi lapuk oleh jamur. Selain itu, umur bangunan pada struktur kayu yang lama dapat membuat kayu berlubang dan keropos karena serangan rayap. Hal tersebut dapat dicegah dan diperbaiki dengan pemeliharaan struktural yaitu langkah penting yang dilakukan untuk memastikan keamanan, kekokohan dan umur panjang dari bangunan struktur kayu.

Program kerja ini dilaksanakan oleh mahasiswa KKN kepada perangkat dan warga Desa Salamrejo dengan memberikan materi dalam bentuk pamflet yang berisi informasi terkait karakteristik bangunan struktur kayu, metode pemeliharaan dan perawatan bangunan struktur kayu, hingga keuntungan yang dapat dirasakan dari pemeliharaan tersebut. Pak Sunaryanto selaku Kepala Desa Salamrejo juga turut serta dan berterima kasih dengan diadakannya kegiatan pendampingan ini sebagai cara perawatan preventif dan kuratif yang dapat diaplikasikan pada rumah warga terutama yang menggunakan bahan dasar kayu dengan melakukan pemeriksaan berkala untuk memelihara unsur-unsur struktur kayu yang baik dan teratur.

Pemeriksaan kerusakan dan pelapukan harus secara detail menggambarkan kondisi kilap kayu, perubahan warna dan bentuk, adanya retakan, pecahan, atau pelunakan kayu. Dengan adanya program kerja ini, diharapkan dapat memberikan edukasi mengenai pemeliharaan bangunan struktur kayu dengan tata cara dan metode yang sederhana untuk menjaga, merawat, serta memperbaiki suatu bangunan baik pada tingkat ringan, sedang, ataupun berat sehingga menciptakan keamanan, kenyamanan, dan keselamatan bagi pemilik bangunan tersebut. 



Penulis: 
Graciela Clara Santi 
(Teknik Sipil – Fakultas Teknik)

Dosen Pembimbing: 
Dr. Ir. Baginda Iskandar Moeda T., M.Si., IPM., ASEAN Eng.

Editor:
Achmad Munandar