Edukasi Software AutoCAD yang Dilakukan Mahasiswa KKN Tim I UNDIP 2024 Sebagai Salah Satu Upaya untuk Membantu dan Mempermudah Kinerja Perangkat Desa Salamrejo

Edukasi Software AutoCAD yang Dilakukan Mahasiswa KKN Tim I UNDIP 2024 Sebagai Salah Satu Upaya untuk Membantu dan Mempermudah Kinerja Perangkat Desa Salamrejo

 
Pengenalan software AutoCAD pada Perangkat Desa Salamrejo
Sumber: Dokumentasi Pribadi


wirausahanesia.comSalamrejo, Kab. Temanggung (25/01/2024) – AutoCAD adalah perangkat lunak desain komputer yang digunakan untuk membuat mendesain atau merancang model dalam bentuk dua atau tiga dimensi. AutoCAD banyak digunakan dalam bidang teknik saat ini karena memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan menggambar secara manual. Tidak hanya memberikan hasil gambar dengan tingkat presisi yang tinggi, software AutoCAD dapat dilakukan dengan cepat dan mudah, sehingga mengurangi biaya dan waktu yang diperlukan untuk mengubah desain. Selain itu, software ini juga dapat diintegrasikan dengan berbagai perangkat lunak lainnya yang memungkinkan aliran kerja yang mulus antara aplikasi yang berbeda.

Desa Salamrejo masih membutuhkan beberapa infrastruktur yang harus dibangun untuk kepentingan masyarakat desa, namun terdapat beberapa perangkat desa yang belum bisa membuat gambar infrastruktur tersebut dikarenakan kurangnya pengetahuan perangkat desa tentang pemanfaatan teknologi guna membantu, memperlancar, dan mempermudah kinerja perangkat Desa Salamrejo dalam perancangan desain infrastruktur desa. Oleh karena itu, mahasiswa KKN mengadakan program pelatihan edukasi pengenalan software AutoCAD kepada perangkat desa dalam mengoperasikan serta mengaplikasikannya pada suatu proyek infrastruktur pemerintah desa.

Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan dengan penyampaian materi dalam bentuk modul mulai dari pengenalan dasar-dasar penggunaan, tool-tool yang terdapat pada software beserta fungsinya, hingga pencetakan gambar software AutoCAD. Mas Shochib selaku perangkat desa sangat antusias dan merasa terbantu dalam kegiatan pelatihan ini yang mana beliau sebelumnya sudah pernah mempelajari dan mengoperasikan software AutoCAD dalam perancangan desain proyek infrastruktur pemerintah desa tetapi mengalami beberapa kendala. 

Dengan adanya program kerja ini, diharapkan dapat menambah pengetahuan dan softskill perangkat Desa Salamrejo dalam hal pengoperasian dan perancangan desain gambar pada aplikasi ini sehingga tidak perlu lagi menggunakan jasa pihak lain yang menyangkut penggunaan software AutoCAD. Selain itu, dengan adanya modul pelatihan software AutoCAD dapat dijadikan pedoman dan arahan pengoperasian AutoCAD agar dapat mempermudah dalam perancangan desain proyek desa untuk ke depannya.




Penulis: 
Graciela Clara Santi 
(Teknik Sipil – Fakultas Teknik)

Dosen Pembimbing: 
Dr. Ir. Baginda Iskandar Moeda T., M.Si., IPM., ASEAN Eng.