Mahasiswa Tim 1 KKN UNDIP membantu Redesain Masjid Kelurahan Dukuh untuk Mengatasi masalah Sirkulasi Udara

Mahasiswa Tim 1 KKN UNDIP membantu Redesain Masjid Kelurahan Dukuh untuk Mengatasi masalah Sirkulasi Udara




wirausahanesia.comMahasiswa Program Studi Teknik Arsitektur, Muhammad Irvan Aryadi selaku anggota Tim 1 KKN UNDIP membantu pengurus masjid (Jamali)  dalam rencana renovasi masjid yang berada di Kantor Kelurahan Dukuh sebagai Program Kerja KKN. Kegiatan ini didasari oleh kurangnya kenyamanan termal yang terdapat di dalam masjid kantor kelurahan ini, Banyaknya penggunaan kaca mati menjadi hal utama dalam masalah sirkulasi yang tidak baik pada masjid ini.

Kenyamanan Termal adalah kondisi pikiran yang mengekspresikan kepuasan dengan lingkungan termal meliputi sirkulasi angin, kelembaban udara, dan suhu. Desain bangunan, ventilasi serta insulasi menjadi faktor utama untuk memperoleh kenyamanan termal terbaik. Oleh karena itu, bukaan seperti jendela, pintu, dan ventilasi yang dapat mengalirkan udara dengan baik tentu memberikan kenyamanan termal yang baik juga terhadap pengguna ruangan di dalamnya.

Masjid Kantor Kelurahan Dukuh menggunakan banyak kaca mati pada desain bangunannya, kaca mati hanya bersifat memasukkan pencahayaan alami (sinar matahari) tanpa adanya sirkulasi udara yang masuk kedalam bangunan. Jendela yang tidak sepenuhnya terbuka juga menahan sirkulasi yang dapat terjadi di dalam masjid, masyarakat yang datang atau pengguna masjid selalu menggunakan kipas sebanyak 3 buah untuk mendinginkan bagian dalam ruangan apabila sedang digunakan atau beribadah.

Program kerja ini memiliki luaran berupa buku yang berisikan pembelajaran terkait sifat angin, penyebab terjadinya sirkulasi, hingga model bukaan jendela dengan hasil sirkulasi udara terbaik. Di dalamnya tentu juga berisi hasil Render 3D hasil dari aplikasi Sketchup yang menggambarkan masjid apabila sudah menggunakan ventilasi dan model jendela yang menghasilkan sirkulasi udara yang baik.

Dengan adanya pendampingan rencana renovasi ini diharapkan dapat membuat masjid kantor kelurahan dukuh menghasilkan kenyamanan termal yang lebih baik serta hemat energi karena pengurangan penggunaan kipas yang ada di dalam masjid.



Penulis:
Muhammad Irvan Aryadi

Lurah Dukuh: 
Budhi Purwanto, SH.,M.M

Camat Sukoharjo: 
Havid Danang P.W., S.H., M.H.

Dosen Pembimbing Lapangan : 
1. Prof. Dr. Eng. Agus Setyawan, S.Si., M.Si.
2. Muhammad Azhar, S.H., LL.M

Lokasi: 
Kelurahan Dukuh, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo

Editor:
Achmad Munandar