Mahasiswa Tim 1 KKN UNDIP Dorong Inovasi Pembayaran: Sosialisasi QRIS untuk Pengembangan UMKM di Desa Burikan, Klaten

Mahasiswa Tim 1 KKN UNDIP Dorong Inovasi Pembayaran: Sosialisasi QRIS untuk Pengembangan UMKM di Desa Burikan, Klaten


Sosialisasi Penggunaan QRIS sebagai Alat Pembayaran Elektronik
Sumber: Dokumentasi Pribadi


wirausahanesia.comDesa Burikan, Klaten, Jawa Tengah – (24/01/2024) Mahasiswa KKN Tim I Universitas Diponegoro, Azka Nurmala Devi dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis Program Studi Akuntansi Universitas Diponegoro, melaksanakan program sosialisasi di Desa Burikan, Klaten, Jawa Tengah. Sosialisasi ini bertujuan untuk mengenalkan penggunaan QRIS sebagai alat pembayaran elektronik kepada beberapa pelaku usaha pertokoan di desa tersebut. 

Waktu kegiatan dilaksanakan pada tanggal 24 Januari 2024 di Desa Burikan yang melibatkan sejumlah pelaku usaha pertokoan kecil sebagai kelompok sasaran, terutama pelaku UMKM Kelontong. Sosialisasi dilakukan dengan metode penyebaran leaflet yang berisi gambaran umum QRIS, tujuan penggunaannya, manfaat, serta cara mendaftar QRIS. 

Dalam kegiatan tersebut, diketahui bahwa sebagian besar pelaku usaha pertokoan kecil di Desa Burikan belum memahami sistem pembayaran elektronik QRIS. Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan para pelaku usaha pertokoan dapat lebih memahami dan mengadopsi QRIS sebagai alat pembayaran elektronik. Selain itu, kegiatan ini juga memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan literasi digital dan ekonomi di lingkungan UMKM desa, seiring dengan upaya pemerintah untuk mendorong digitalisasi transaksi keuangan di seluruh lapisan masyarakat.


 
Leaflet Gambaran Umum dan Prosedur Pembuatan QRIS
Sumber: Dokumentasi Pribadi