Mahasiswa KKN UNDIP Kenalkan Perangkat Desa Salamrejo Aplikasi 3D “SKETCHUP”

Mahasiswa KKN UNDIP Kenalkan Perangkat Desa Salamrejo Aplikasi 3D “SKETCHUP”

 


wirausahanesia.com - Desa Salamrejo merupakan desa yang memiliki 4 Dusun,  9 RT yang berada di Kecamatan Selopampang, Kabupaten Temanggung. Pembangunan infrastruktur ataupun fasilitas umum menjadikan salah satu bentuk rencana pembangunan desa yang diunggulkan di tahun 2024. Salah satu bentuk meningkatkan perencanaan pembangunan fasilitas umum desa adalah dengan penggunaan aplikasi  permodelan 3D. Berdasarkan permasalahan tersebut, Citra Anindya, mahasiswa D4 Teknik Infrastruktur Sipil dan Perancangan Arsitektur, Sekolah Vokasi memperkenalkan aplikasi berbasis 3D bernama “Sketchup”.

Aplikasi Sketchup sendiri adalah program aplikasi berbasis desain gambar permodelan 3D. Penggunaan aplikasi 3D dinilai dapat mempermudah dalam pelaksanaan perencanaan fasilitas umum. Pada kegiatan ini sasaran yang dituju adalah perangkat desa. Program kerja ini mendapatkan antusiasme dari perangkat desa, dilihat dari keinginan perangkat desa mengenal tentang aplikasi sketchup dan banyaknya pertanyaan terkait aplikasi sketchup.
Pengenalan dan pelatihan aplikasi Sketchup ini dilakukan di Balai Desa Salamrejo pada Hari Rabu, 24 Januari 2024. 

Kegiatan ini dibuka dengan pengenalan secara umum terkait aplikasi sketchup, dilanjutkan dengan pemberian pelatihan kepada perangkat desa. Pelatihan diawali dengan pengenalan tools sekaligus praktek penggunaan tools yang ada pada sketchup. Kegiatan ini juga diikuti dengan pemberian modul kepada perangkat desa dengan tujuan sebagai panduan ketika menggunakan aplikasi tersebut. 

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat memberikan edukasi terkait aplikasi Sketchup dan dapat membantu dalam pelaksanaan perencanaan Pembangunan infrastruktur yang ada di Desa Salamrejo.



Editor:
Achmad Munandar