Mahasiswa KKN Undip Dorong UMKM Desa Kateguhan Penuhi Standar HSE dalam Produksi Jemuran

Mahasiswa KKN Undip Dorong UMKM Desa Kateguhan Penuhi Standar HSE dalam Produksi Jemuran



wirausahanesia.comDesa Kateguhan, Sukoharjo - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Tim 1 Universitas Diponegoro (Undip) Tahun 2023/2024, Anugrah Hidayat, mengambil langkah proaktif dalam membantu pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Kateguhan. Dalam programnya yang berjudul "Perencanaan Layout Produksi Jemuran Sesuai SOP HSE", Anugrah Hidayat berfokus pada pemenuhan standar Kesehatan, Keselamatan, dan Lingkungan (HSE) dalam produksi jemuran.

Dilaksanakan pada tanggal 29 Januari 2024, program ini ditujukan untuk mendukung Pelaku UMKM Aneka Jemuran AJS, yang dipimpin oleh Pak Karno, pemilik usaha tersebut. Meskipun memiliki potensi besar dalam memenuhi kebutuhan pasar lokal dengan produk-produk jemuran rumahan, Aneka Jemuran AJS menghadapi permasalahan terkait layout produksi yang kurang sesuai standar HSE.

Program Kerja "Perencanaan Layout Produksi Jemuran Sesuai SOP HSE" Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro

Melalui penyuluhan yang dilakukan melalui poster dan rencana layout produksi, Anugrah Hidayat dari Program Studi Teknik Perkapalan menggarisbawahi pentingnya pelaksanaan SOP HSE dalam setiap tahap produksi. Hal ini menjadi kunci untuk mengurangi ongkos material handling yang besar, memperbaiki aliran proses produksi, serta meningkatkan kenyamanan dan keselamatan para pekerja.
 
Rencana Layout Produksi yang telah disusun 
sesuai standar Kesehatan, Keselamatan, dan Lingkungan (HSE) 
Dokumen Pribadi

Dalam pembagian pekerjaan, ditetapkan 7 tahap utama yang mencakup pemotongan dan persiapan bahan, penghalusan bahan, pelubangan, pengecatan, pengeringan, perakitan, dan pengemasan. Selain itu, pembagian ruang yang optimal juga diperhatikan, termasuk area parkir, gudang produk jadi, gudang bahan jemuran, kantor, area pengemasan, area pemotongan, dan area perakitan, serta fasilitas lain seperti dapur, toilet, dan area istirahat.

Dengan perencanaan yang matang ini, diharapkan UMKM Aneka Jemuran AJS dapat meningkatkan efisiensi produksi, kualitas produk, serta memastikan lingkungan kerja yang aman dan sehat. Program ini merupakan contoh nyata dari peran mahasiswa dalam mendukung pengembangan ekonomi lokal dan kesejahteraan masyarakat desa.


Editor:
Achmad Munandar