Meningkatkan Transparansi Laporan Keuangan RT Menggunakan Microsoft Excel dan Penyimpanan Secara Digital Melalui Google Drive

Meningkatkan Transparansi Laporan Keuangan RT Menggunakan Microsoft Excel dan Penyimpanan Secara Digital Melalui Google Drive

 


wirausahanesia.com - Sendangmulyo, Tembalang (14/12/2023). Manajemen dan laporan keuangan yang efektif menjadi salah satu indikator keberhasilan sebuah organisasi dalam mengatur dan merencanakan keuangan. Rukun Tetangga (RT) merupakan unit kegiatan keuangan mikro yang didalamnya terdapat Kepala Keluarga (KK) dan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Salah satu peran RT adalah mematuhi kebijakan Pemerintah Daerah dengan mengurus keuangan lingkungan, menghimpun kontribusi finansial dari warga, dan menyusun laporan keuangan.Dalam pengelolaan keuangan pada tingkat keluarga atau RT secara garis besar hampir sama dengan pengelolaan keuangan pada perusahaan tingkat makro (Marsudi & Robbie, 2020).

Setiap bulannya, dalam lingkungan RT, terdapat pengumpulan dana dari warga melalui kas yang akan dipergunakan untuk mendukung berbagai kegiatan di RT tersebut. Dana tersebut digunakan mulai dari perbaikan jalan dan infrastruktur hingga pelaksanaan acara tahunan seperti perlombaan dan perayaan. Pencatatan dan pelaporan yang akurat merupakan kunci utama dalam manajemen keuangan di lingkungan RT. Hal ini memungkinkan untuk memperoleh pemahaman yang lebih detail mengenai kondisi keuangan secara menyeluruh, termasuk identifikasi kekurangan atau kelebihan dana. Dalam pencatatan tersebut mencakup informasi tentang debit, kredit, dan penjelasan terkait transaksi keuangan yang dilakukan.

Akan tetapi, di beberapa RT di RW 25 Kelurahan Sendangmulyo, belum terdapat sistem pencatatan dan pelaporan keuangan yang terstruktur dengan baik, yang menyebabkan seringnya perbedaan data pada laporan keuangan pada akhir bulan. Masalah umumnya terletak pada kesalahan pencatatan pengeluaran, terutama jika tidak ada bukti atau nota pembayaran yang dapat dijadikan rujukan, serta kekurangan catatan yang terperinci mengenai pemasukan kas dan iuran lainnya. Selain itu, kurangnya pengetahuan dan keterampilan dalam manajemen keuangan di tingkat RT juga menjadi kendala, terutama dalam penerapan teknologi informasi. Penggunaan teknologi informasi diharapkan dapat membantu bendahara RT untuk mencatat dan mengelola keuangan dengan lebih cepat, akurat, dan tepat. Kemajuan teknologi informasi yang terus berkembang mengharuskan kita untuk beradaptasi agar tidak tertinggal dalam penerapan teknologi ini.

Berdasarkan latar belakang tersebut, salah satu mahasiswa KKNT Menstrual Hygine dan Sanitasi Aman Universitas Diponegoro, Jeficca Fania yang berasal dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis melakukan sosialisasi, edukasi, dan pelatihan mengenai pengelolaan keuangan RT. Kegiatan ini dilaksanakan secara offline di Balai RW 25 Kelurahan Sendangmulyo pada hari Sabtu (18/11/2023) dengan mengumpulkan seluruh bendahara RT dan perwakilan warga yang terdapat di RW 25 Kelurahan Sendangmulyo. Kegiatan ini dilakukan dengan membagikan booklet terlebih dahulu, dilanjut dengan penjelasan mengenai pengelolaan keuangan RT yang baik, lalu sesi tanya jawab dan praktek langsung mengenai penggunaan microsoft excel dan gsheet dan penyimpanan bukti pemasukan dan pengeluaran di google drive

Dari sosialisasi, edukasi, dan pelatihan tersebut mendapatkan respons positif dari para bendahara RT dan warga RW 25 Kelurahan Sendangmulyo, dimana mereka merasa terbantu atas pengenalan pengelolaan keuangan menggunakan microsoft excel dan penyimpanan secara digital melalui google drive. Dengan pengelolaan secara digital ini dinilai lebih berpotensi dalam menjaga data-data keuangan yang lebih komprehensif dibandingkan secara konvensional. Dalam praktek kegiatan ini, bendahara RT dan warga tidak ada banyak kendala, hal ini terlihat dari antusias dan semangat para peserta selama proses pelatihan.


Ketua RW 25 Kelurahan Sendangmulyo, Bu Umi menyampaikan bahwa adanya kegiatan ini sangat membantu bendahara RT dalam mengatur dan mengelola keuangan RT. “Edukasi yang diberikan sangat bermanfaat dan membuat bendahara RT lebih tahu tentang pelaporan keuangan dan penyimpanan bukti pemasukan dan pengeluaran yang lebih baik.” kata Bu Umi.

Dengan adanya sosialisasi, edukasi, dan pelatihan pengelolaan keuangan RT, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan terkait dengan manajemen keuangan, terlebih terkait dengan pelaporan keuangan yang lebih sistematis.  Bendahara RT dapat menyajikan laporan keuangan secara lebih terstruktur menggunakan microsoft excel yang mana terlihat aliran dana per posnya, rekap mingguan, rekap bulanan dan juga print out hasil laporan bulanan untuk disahkan oleh ketua RT, serta bertambahnya keterampilan peserta dalam pengoperasian komputer.





Editor: 
Achmad Munandar