UMKM Semakin Maju! Mahasiswa KKN Undip Ajarkan Pembukuan Keuangan Digital Menggunakan Aplikasi Teman Bisnis bagi Pelaku Usaha di Desa Lengking

UMKM Semakin Maju! Mahasiswa KKN Undip Ajarkan Pembukuan Keuangan Digital Menggunakan Aplikasi Teman Bisnis bagi Pelaku Usaha di Desa Lengking

 


wirausahanesia.comSukoharjo, 02/08 - Desa Lengking merupakan salah satu desa di Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo yang memiliki berbagai macam potensi desa salah satunya di bidang UMKM. 

Setelah dilakukan survei ke berbagai dukuh yang ada di Desa Lengking, ditemukan fakta bahwa masih banyak UMKM yang menggunakan pembukuan keuangan secara sederhana. Hal tersebut dikarenakan kurangnya pengetahuan pelaku usaha akan teknologi terkait pembukuan keuangan digital yang mengakibatkan penerimaan dan pengeluaran belum jelas pada pendapatan usaha.

Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro menyelenggarkan program kerja “Pelatihan pada Pelaku UMKM Mengenai Pembukuan Keuangan Digital Menggunakan Aplikasi Teman Bisnis” yang berlangsung pada hari Jumat, 28 Juli 2023. 

Metode yang digunakan adalah penyuluhan dan pendampingan secara langsung kepada salah satu pelaku usaha “Moshi” yang menjual mochi dan bakpao dengan membantu proses pembuatan akun terlebih dahulu setelah itu mengenalkan fitur-fitur yang ada di aplikasi tersebut.

Kegiatan yang dilakukan sudah berjalan dengan baik, terbukti dari pelaku usaha dapat memahami penyuluhan dan pendampingan secara langsung kepada pelaku usaha dalam pembuatan akun serta pengenalan berbagi macam fitur di dalamnya, dengan itu pelaku usaha dapat memindahkan pembukan dari yang semula masih sederhana menjadi pembukuan yang lebih sistematis menggunakan teknologi digital.

Program ini dilakukan harapannya dapat membantu pelaku usaha dalam mengelompokkan keuangannya baik itu pendapatan maupun pengeluaran serta dengan menggunakan aplikasi Teman Bisnis ini diharapkan juga pelaku usaha dapat membuat keputusan terkait keberlangsungan usahanya.



Penulis: 
Amalia Rasyidah
Administrasi Bisnis

Dosen Pembimbing Lapangan: 
dr. Farmaditya Eka Putra M.Si.Med. Ph.D