Mahasiswa Teknologi Rekayasa Otomasi Universitas Diponegoro Menggelar Pelatihan untuk Meningkatkan Penjualan Hasil Ternak UMKM Desa Banjarmulya

Mahasiswa Teknologi Rekayasa Otomasi Universitas Diponegoro Menggelar Pelatihan untuk Meningkatkan Penjualan Hasil Ternak UMKM Desa Banjarmulya




wirausahanesia.comDesa Banjarmulya,Kabupaten Pemalang - Desa Banjarmulya memiliki potensi yang cukup banyak salah satunya dalam bidang peternakan, Meskipun menghasilkan hasil ternak dalam jumlah melimpah, bisnis ini belum mengadopsi metode promosi digital untuk meningkatkan visibilitasnya. Potensi produk-produk berkualitas yang dihasilkan oleh usaha ternak ini belum sepenuhnya dieksplorasi melalui platform online, seperti via shopee yang memiliki pengguna cukup banyak di Indonesia. 

Dengan berbagai produk yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan, melibatkan diri dalam promosi digital dapat membantu membuka pintu kepada pasar yang lebih luas, memungkinkan pelanggan potensial dari berbagai daerah untuk mengetahui dan merasakan manfaat dari hasil ternak yang berkualitas.Sebagai bagian dari program Kuliah Kerja Nyata (KKN), seorang mahasiswa dari Program Studi Teknologi Rekayasa Otomasi Universitas Diponegoro telah berhasil melaksanakan program kerja berjudul "Pelatihan Pembuatan dan Pengelolaan Toko Online UMKM Hasil Ternak pada Platform E-commerce" di Desa Banjarmulya. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan penjualan produk ternak masyarakat desa melalui pemanfaatan teknologi dan platform e-commerce.

Kegiatan pelatihan ini berlangsung selama dua hari, di mana tahap awal dimulai dengan edukasi tentang pengenalan teknologi pemasaran online, pengelolaan akun bisnis, pengiriman barang kepada konsumen. Program kerja tersebut dirasa oleh Adi selaku peserta KKN Tematik menggabungkan pengetahuan teknologi rekayasa otomasi dengan strategi pemasaran online untuk menciptakan kurikulum yang relevan. 

Program ini di dukung oleh dosen pembimbing (Dr.Heni Rizqiati S.Pt.,M.Si) “Ini merupakan salah satu program monodisiplin yang dilaksanakan oleh Mahasiswa KKN Tematik Universitas Diponegoro Desa Banjarmulya yang memiliki tujuan yang hebat karena merupakan langkah besar kita dalam memberikan dampak kemajuan perekonomian desa Banjarmulya”.

Mahasiswa dengan pemilik UMKM saling berjibaku dan bahu-membahu dalam merealisasikan optimalisasi hasil ternak yang mana program tersebut Tidak hanya mempermudah proses pemesanan dan pembelian produk mereka, tetapi juga memberikan kami, pelanggan setia, akses yang lebih mudah untuk produk-produk berkualitas yang mereka hasilkan” ucap Dr. Fahmi Arifan, S.T., M.Eng selaku Dosen Pembimbing Tim KKN.

Edukasi dilaksanakan secara door to door di Dusun Lobongkok. Mahasiswa KKN Tematik Banjarmulya secara interaktif memandu ibu pemilik UMKM hasil ternak. Respon yang didapat dari pemilik UMKM (Bu Heryanti) “Saya senang dapat mengerti tentang penjualan dengan teknologi seperti ini karena dapat memperluas penjualan saya hingga ke luar dari daerah pemalang” ujar Ibu Heryanti . Dengan adanya respon tersebut menunjukkan bahwa antusias warga dengan program kerja ini sangatlah positif. 

(Pembuatan akun shopee UMKM dua satria. Sumber:Dokumentasi Pribadi) 

Hasil dari pelatihan ini sangat positif. Peserta pelatihan, yang terdiri dari pemilik UMKM hasil ternak di Desa Banjarmulya, merasa mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang pemanfaatan teknologi dalam memasarkan produk mereka. 

Dengan adanya kolaborasi antara mahasiswa Teknologi Rekayasa Otomasi dan UMKM di Desa Banjarmulya, terbukti bahwa penggunaan teknologi dan platform e-commerce dapat memberikan dampak positif bagi ekonomi lokal. Mahasiswa KKN Tematik Universitas Diponegoro telah membuktikan bahwa pemahaman teknologi dan inovasi dapat menjadi alat yang kuat dalam mengangkat perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.