Galakkan Taat Pajak! Mahasiswa KKN TIM II UNDIP Melakukan Sosialisasi Kesadaran Pembayaran Pajak pada Masyarakat Desa Linggoasri

Galakkan Taat Pajak! Mahasiswa KKN TIM II UNDIP Melakukan Sosialisasi Kesadaran Pembayaran Pajak pada Masyarakat Desa Linggoasri

 
Penyampaian materi “Kesadaran Pembayaran  Pajak Guna 
untuk Meningkatkan Kepatuhan Perpajakan”. (17/07/2023)


wirausahanesia.com - Linggoasri, Pekalongan (17/7/2023) – Pajak merupakan hal penting yang wajib dipahami. Untuk masyarakat desa, ada beberapa pajak daerah yang setiap tahunnya wajib dibayarkan seperti pajak kendaraan bermotor dan pajak bumi bangunan. Akan tetapi, masyarakat desa masih kurang kesadaran membayar pajak.  Sehingga edukasi terkait kesadaran membayar pajak sangat diperlukan. 

Melihat permasalahan tersebut, Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro 2023 Program Studi Akuntansi Perpajakan mengadakan penyuluhan kesadaran pembayaran  pajak guna untuk meningkatkan kepatuhan perpajakan. 

Penyuluhan tersebut bertujuan untuk memberikan edukasi dan memberi kesadaran kepada masyarakat mengenai pentingnya membayar pajak serta manfaat yang dapat dirasakan ketika membayar pajak. 

Rendahnya tingkat kesadaran pembayaran pajak daerah akan menjadi sebuah ancaman bagi daerah yang dapat mengakibatkan terkendalanya pembangunan daerah. Padahal, pembayaran pajak ini sangat penting untuk pemasukan daerah tersebut. 

Penyuluhan terkait kesadaran membayar pajak tersebut ditargetkan kepada masyarakat umum Desa Linggoasri,Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan. Penyuluhan tersebut dilaksanakan dua kali yaitu di forum agama hindu (17/7/2023)  dan di pengajian ibu-ibu (20/7/2023) dengan jumlah audiens masing-masing 25 orang. 

Pemberian Leaflet materi penyuluhan (20/07/2023)


Informasi yang di sampaikan pada penyuluhan tersebut terdiri dari manfaat membayar pajak , tantangan dalam membayar pajak, alasan orang enggan membayar pajak, dan pentingnya membayar pajak. Untuk bahan pendukung dalam penyampaian materi tersebut, masyarakat diberikan output berupa leaflet yang berisikan materi-materi singkat. 

Harapan dari adanya penyuluhan tersebut, masyarakat dapat lebih sadar membayar pajak. Serta dapat  meningkatkan  kepatuhan membayar pajak. Sehingga dengan masyarakat patuh pajak, pemasukan daerah untuk pembangunan fasilitas-fasilitas umum daerah lebih lancar.  


Penulis: 
Evi Apriliani 
(Akuntansi Perpajakan-Fakultas Sekolah Vokasi)

DPL: 
Ojo Kurdi, S.T., M.T., Ph.D

Lokasi: 
Desa Linggoasri, Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan