Cegah Risiko Kerugian UMKM Desa Sendangrejo, Mahasiswa KKN Undip Tim II 2022/2023 Ajarkan Pembukuan Keuangan Usaha

Cegah Risiko Kerugian UMKM Desa Sendangrejo, Mahasiswa KKN Undip Tim II 2022/2023 Ajarkan Pembukuan Keuangan Usaha

 


wirausahanesia.com -  Boyolali (6/8/2023) -Pertanian merupakan salah satu bidang usaha yang menjanjikan karena pangan termasuk dalam kebutuhan pokok manusia. Salah satu usaha di bidang pertanian adalah UMKM agribisnis. 

Desa Sendangrejo memiliki UMKM agribisnis dengan komoditas kacang tanah yang cukup berkembang, tetapi belum memiliki pendataan keuangan terkait usaha yang dijalaninya. Akibatnya, tidak dapat diketahui dengan pasti apakah penjualan produk kacang oven dan kacang goreng di periode sebelumnya mengalami keuntungan atau kerugian.

Mahasiswa KKN Undip Tim II 2022/2023, Sekariyanti Wilasasri, mengadakan program kerja “Pembukuan Keuangan Usaha Kacang Oven Oscar D’King” untuk mengatasi permasalahan terkait pendataan keuangan usaha yang dialami usaha tersebut. 

Mahasiswa KKN Undip diskusi dengan pelaku UMKM Desa Sendangrejo


Program tersebut dilaksanakan pada hari Kamis, 27 Juli 2023 di rumah pemilik UMKM Kacang Oven Oscar D’King. Program dilaksanakan dengan menjelaskan terkait pentingnya melakukan pembukuan keuangan bagi usaha, memperkenalkan istilah-istilah dalam akuntansi, memperkenalkan macam-macam alat pencatatan keuangan, dan mengajarkan cara pembuatan pembukuan keuangan usaha pada Pak Warsidi selaku pemilik UMKM Kacang Oven Oscar D’King.
 
Pak Warsidi percaya dengan adanya program “Pembukuan Keuangan Usaha Kacang Oven Oscar D’King” dapat membantu keberjalanan usaha ke depannya. Harapannya pemilik UMKM Kacang Oven Oscar D’King yang telah memahami pembukuan keuangan usaha dapat memaksimalkan keuntungan dan meminimalisir kerugian usaha supaya usaha dapat berjalan secara berkelanjutan.



Penulis:
Sekariyanti Wilasasri