Mahasiswa KKN Undip Edukasi Pentingnya Profil Usaha Sebagai Alat Pemasaran yang Efektif

Mahasiswa KKN Undip Edukasi Pentingnya Profil Usaha Sebagai Alat Pemasaran yang Efektif

 


wirausahanesia.comKabupaten Tegal, (27/01/2023) Mahasiswa KKN TIM 1 UNDIP 2023 telah menyelesaikan pelaksanaan program KKN Monodisiplin dengan menyelenggarakan sosialisasi mengenai pengenalan profil usaha serta contoh pembuatan profil usaha melalui web kepada para pelaku UMKM di Desa Harjosari Lor. 

Acara tersebut bertempat di kantor kelurahan Desa Harjosari Lor, sebanyak 20 peserta yang merupakan para pelaku UMKM di Desa Harjosari Lor hadir meramaikan sosialisasi yang berlangsung mulai pukul 21.00 sampai 23.00 WIB.

Dimana kegiatan ini diselenggarakan berangkat dari banyaknya UMKM yang berkembang di Desa Harjosari Lor, dimana di Desa Harjosari Lor ini dikenal dengan para pengrajin kerupuk mie dan tahu, namun dari banyaknya UMKM yang berkembang hanya beberapa UMKM saja yang sudah mempunyai profil usaha dalam bisnisnya. 

Padahal  profil usaha merupakan gambaran umum mengenai diri suatu perusahaan/usaha yang hendak melakukan serangkaian promosi terpadu melalui sebuah buku atau media lain. 

Dengan adanya profil perusahaan ini akan memudahkan masyarakat untuk mengetahui informasi mengenai sebuah usaha dengan begitu informasi miring atau ketidaktahuan masyarakat dapat diluruskan melalui profil usah. Selain bagi masyarakat, profil usah juga dapat dibuat untuk konsumen, pemasok, mitra kerja, bank, hingga bahkan pemerintah. 
 
Oleh karena itu mahasiswa TIM 1 KKN UNDIP 2022/2023 menciptakan program edukasi kepada masyarakat khususnya para pelaku UMKM terkait company profile/ profil usaha yang sebenernya mempunyai banyak manfaat bagi para pelaku UMKM, dimana program ini dapat memperluas pasar dan dengan adanya profil usaha para pelaku UMKM bisa menarik lebih banyak investor, pemilik usaha lain, dan pelanggan untuk berhubungan dengan bisnis kita.


Tidak hanya itu mahasiswa TIM 1 KKN UNDIP juga mengenalkan cara pembuatan Company profile/ profil usaha melalui web, dimana cara ini akan lebih efektif untuk menarik banyak konsumen apalagi di zaman yang serba digital ini, kita hanya perlu membagikan link atau menuliskan nama  usaha kita di internet orang bisa mengetahui usaha dan produk yang dihasilkan. Selain itu pembuatan company profile juga bisa dibilang cukup mudah dimana untuk pembuatan web ini ada yang gratis.

Program sosialisasi ini lebih menekankan kepada pengenalan mengenai profil usaha, manfaat, serta cara pembuatannya yang nantinya melalui program ini diharapkan dapat bermanfaat bagi UMKM sekitar