Pengenalan Penjualan Online untuk Pemberdayaan Masyarakat Pelaku UMKM di Desa

Pengenalan Penjualan Online untuk Pemberdayaan Masyarakat Pelaku UMKM di Desa

 


wirausahanesia.com -  Di era globalisasi saat ini, semua informasi dan kebutuhan bisa dijangkau dengan sangat mudah. Namun, kemudahan yang ada belum digunakan secara maksimal terutama di daerah perdesaan. 

Untuk memaksimalkan penggunaan internet, maka diadakanlah desa digital. Desa digital merupakan sebuah program yang menerapkan sistem pelayanan masyarakat desa menggunakan teknologi yang ada saat ini. 

Dalam rangka mewujudkan desa digital, maka perlu adanya kerjasama dari berbagai pihak, mulai dari pihak pemerintah, pihak desa, dan juga pihak masyarakat. Pihak pemerintah disini memiliki andil untuk menunjang apa saja kebutuhan desa, mulai akses internet, pendanaan, pendampingan dan pelatihan. 

Pihak desa memiliki andil untuk memanfaatkan progam Dana Desa yang diberikan oleh pemerintah sebaik mungkin. Selain itu pihak desa juga perlu meningkatkan pendapatan asset desa. Dan yang terakhir dari pihak masyarakat berperan sebagai pengguna, dengan kata lain masyarakat harus menyikapi dengan baik program apa yang sudah dicanangkan oleh pemerintah, baik pemerintahan desa maupun pemerintah pusat.


Salah satu langkah dalam mewujudkan desa digital adalah dengan mengadakan sosialisasi mengenai penjualan produk UMKM secara online. Dalam sosialisasi ini, masyarakat dijelaskan tentang kemudahan dan juga keuntungan yang mereka dapat ketika menjual produknya secara online. 

Selain itu, dalam sosialisasi ini masyarakat desa (pemilik UMKM) diajarkan tentang bagaimana cara membuat akun untuk berjualan di e-commerce dan menjelaskan tentang alur penjualan di e-commerce tersebut. Dengan adanya desa digital ini, diharapkan masyarat desa menjadi melek akan potensi yang mereka miliki, sehingga dapat meningkatkan pendapatan mereka.