Mahasiswa KKN UNDIP Ajak UMKM Mengenal Branding Gunakan Media Sosial Sebagai Ladang Bisnis

Mahasiswa KKN UNDIP Ajak UMKM Mengenal Branding Gunakan Media Sosial Sebagai Ladang Bisnis

 


wirausahanesia.comBranding merupakan hal penting yang harus dilakukan oleh para pelaku UMKM agar bisa menembus pasar dan menjaga agar bisnis tetap dikenal dan diingat oleh masyarakat. Dengan melakukan branding terhadap produk atau jasa yang ditawarkan akan membantu UMKM untuk melakukan pemasaran.

Dengan berkembangnya teknologi di era golobalisasi, penggunaan sosial media makin digemari oleh hampir semua orang dan dari berbagai kalangan usia, terutama anak muda. Kemajuan teknologi ini membuat setiap pelaku usaha dapat dengan mudah memperluas pasar dengan mudah. 

Sayangnya, masih ada beberapa UMKM yang masih belum paham tentang perkembangan teknologi saat ini, dan bergantung pada berjualan secara langsung baik itu di pasar maupun berkeliling, hal itu membuat pendapatan UMKM ini menjadi menurun karena banyaknya orang yang memilih melakukan transaksi melalui sosial media, dan kurangnya branding yang dilakukan membuat orang menjadi tidak tahu tentang produk yang ditawarkan. 

Seperti yang dialami oleh pelaku UMKM di Desa Pretek, Batang yang mengaku bahwa memasarkan jajanan berupa keripik pisang hanya mengandalkan berkeliling, dan menawarkan ke tetangga sekitar saja. Beliau mengaku bahwa akhir-akhir ini mengalami penurunan masukan. 

Hal ini yang membuat Saffa peserta KKN UNDIP tergerak untuk mengajarkan dan membantu UMKM setempat untuk melakukan branding dengan menggunakan sosial media sebagai Program Kerja (proker) Monodisiplin. Diharapkan UMKM Desa Pretek dapat mengembangkan pasarnya menjadi lebih luas dan mendapatkan peningkatan pendapatan. 
 
Pelaku UMKM setempat diberikan pelatihan terkait bagaimana memanfaatkan dan mengembangkan sosial media sebagai media pemasaran untuk produk mereka. Pengembangan UMKM juga termasuk dalam pembuatan desain dan logo untuk UMKM sebagai identitas agar mudah dikenali oleh konsumen. Materi yang diberikan kepada UMKM disampaikan dengan seringkas mungkin supaya UMKM dapat dengan mudah mengaplikasikan secara langsung. 


Pelatihan terhadap UMKM ini mendapatkan respon yang positif dari pelaku UMKM setempat yang merasa terbantu dengan adanya mahasiswa dari UNDIP yang membantu mengenalkan tentang branding untuk UMKM miliknya. 

“Saya sangat berterimakasih kepada mahasiswa UNDIP yang sudah membantu saya dalam melakukan branding dan menggunakan sosial media. Apa yang sudah diajarkan sangat mempermudah saya sekarang dalam melakukan pemasaran produk saya.” Ujar salah satu pelaku UMKM.