Mahasiswa KKN Undip Berikan Penyuluhan Mengenai Pembukuan UMKM

Mahasiswa KKN Undip Berikan Penyuluhan Mengenai Pembukuan UMKM

 


wirausahanesia.comKaliwlingi, Brebes, (28/01/2023) Desa Kaliwlingi merupakan salah satu desa di Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes. Desa Kaliwlingi juga memiliki Wisata Hutan Mangrove yang di sekitarnya terdapat berbagai macam jenis UMKM, antara lain toko kelontong, garam rebus, rumah makan dan sebagainya. 

Setelah dilakukan survei dengan para pelaku UMKM, mahasiswa menemui pelaku UMKM yang tidak melakukan pembukuan usaha dikarenakan kurangnya kemampuan pelaku UMKM dalam mengelola dan membukuan keuangan usaha, sehingga keluar masuknya transaksi keuangan tidak tercatat dengan jelas dan rapi. Padahal pembukuan usaha sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan usaha. 

Berdasarkan hal tersebut di atas, Khansa Nabila Putri S sebagai mahasiswa KKN Reguler Tim I Tahun 2023 UNDIP memberikan penyuluhan mengenai pembukuan harian pada usaha mikro, kecil, dan menengah di Wisata Hutan Mangrove. Khansa mengatakan tujuan penyuluhan ini untuk membantu pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam mencatat pembukuan usahanya.

“Kegiatan KKN program keilmuan ini bertujuan guna membantu pelaku UMKM dalam mencatat pembukuan usahanya melalui penyuluhan mengenai pembukuan rekap harian atau buku kas supaya ke depannya dalam pencatatan pembukuan usahanya dapat tertata dengan rapi sehingga dapat dengan mudah mengetahui kondisi keuangan usahanya” ucap Khansa.


“Pembukuan ini dapat digunakan untuk mencatat semua transaksi penerimaan atau pengeluaran kas setiap harinya, di mana pencatatan penerimaan dicatat pada kolom debit dan pengeluaran dicatat pada kolom kredit” ujarnya.

Sementara itu, mahasiswa juga menjelaskan manfaat pentingnya melakukan pembukuan usaha yang diantaranya untuk mengetahui kondisi keuangan usaha sehingga dapat menekan biaya- biaya yang tidak dapat terkontrol dengan baik. Di mana penyuluhan ini diharapkan dapat menambah pengetahuan pelaku usaha mikro, kecil, menengah dalam mencatat pembukuan.