Manfaatkan WebGID, Mahasiswa KKN Undip Lakukan Pemetaan UMKM di Desa Walangsanga

Manfaatkan WebGID, Mahasiswa KKN Undip Lakukan Pemetaan UMKM di Desa Walangsanga

 


wirausahanesia.comMahasiswa TIM I KKN Undip periode 2022/2023, Arif M. M. melakukan program kerja berupa pembuatan peta persebaran UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menegngah)  berbasis WebGIS dengan  melakukan survei lokasi UMKM di seluruh daerah Desa Walangsanga, Kecamatan Moga, Kabipaten Pemalang sejak tanggal 25 Januari 2023 sampai 8 Februari 2023. 

Dari hasil survei yang telah selesai dilakukan survei di seluruh Rukun Warga (RW) Desa Walangsanga. Survei dilakukan untuk UMKM yang ada meliputi pendataan Nama UMKM, produk usaha, jenis usaha, koordinat lokasi UMKM. 

Telah terdata sebanyak 55 UMKM yang terdapat di Desa Pedalangan meliputi bidang usaha kuliner, kerajinan, dan jasa serta lainnya seperti. Beberapa diantaranya adalah produksi kuliner khas Desa Walangsanga berupa kue pancong, bireng, dan lainnya, serta toko /warung makanan dan jasa lainnya. Dari hasil survei yang telah dilakukan, lalu dilakukan input pada WebGIS

Dewasa ini, Perkembangan UMKM jumlahnya telah meningkat pesat. UMKM memberikan kontribusi terhadap penyerapan tenaga kerja rata-rata sebesar 96,66% terhadap total keseluruhan tenaga kerja nasional. Dalam pengimplementasian pembangunan ekonomi  secara merata untuk semua daerah maka pembangunan di wilayah pedesaan menjadi perhatian masyarakat maupun pemerintah. 

Oleh sebab itu, realita perkembangan UMKM masih sangat sulit diterapkan khususnya di wilayah pedesaan. Penduduk dengan  keterbatasan pengetahuan, hidup dalam kegiatan usaha kecil di sektor tradisional,  infrastruktur dan akses pemerintahan yang terbatas menjadi salah satu faktor  penghambat perkembangan dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. 

Selain itu, untuk merealisasikan tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) di Indonesia begitu besar. Pemanfaatan teknologi untuk kegiatan UMKM membantu mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif, berkelanjutan.

WebGIS (Web Geographic Information System ) merupakan pemetaan digital yang memanfaatkan jaringan internet sebagai media komunikasi yang berfungsi mendistribusikan dan mengintegrasikan, serta mengkomunikasikan data. 

WebGIS dapat diterapakan untuk memberikan berbagai macam informasi di berbagai sektor. UMKM merupakan salah satu sekrot yang juga memerlukan adanya WebGIS. 

Pada sektor UMKM, WebGIS dapat menunjang mutu dan kualitas dengan digitalisasi yang juga dapat sebagai media promosi.

UMKM di Desa Walangsanga menjadi target dalam program kerja pembuatan WebGIS oleh KKN Tim 1 Universitas Diponegoro. Latar belakang program kerja pembuatan WebGIS pada Desa Walangsanga karena Desa tersebut memiliki banyak UMKM yang sangat berpotensi namun kurangnya pendataan menyebabkan masih banyak yang belum mengetahui UMKM apa saja yang ada di Desa Walangsanga. 


Selain itu, faktor lainnya  karena pelaku usaha UMKM di Walangsanga masih kurang dalam mempromosikan usaha yang dimiliki.  Oleh karena itu, perlu dilakukan implementasi WebGIS dalam pemetaan persebaran UMKM Desa Walangsanga. 

Implementasi WebGIS ini bertujuan untuk pendataan informasi mengenai UMKM yang ada di Desa Walangsanga serta pengembangan kualitas UMKM dengan digitalisasi supaya banyak masyarakat luar mengetahui UMKM Desa Walangsanga.
 
Penyerahan hasil pemetaan UMKM diserahkan pada Hari Jumat (10/02/2023) kepada Kepala Urusan Perencanaan Desa Walangsanga. Peta persebaran UMKM ini diharapkan dapat membantu meningkatkan potensi UMKM di Desa Walangsanga.