Sebagai Salah Satu Upaya untuk Meningkatkan Pemasaran pada UMKM, Mahasiswa KKN Tim I UNDIP 2024 Lakukan Pelatihan dan Pendampingan terkait Digital Marketing

Sebagai Salah Satu Upaya untuk Meningkatkan Pemasaran pada UMKM, Mahasiswa KKN Tim I UNDIP 2024 Lakukan Pelatihan dan Pendampingan terkait Digital Marketing

 
Penyampaian Materi terkait Strategi Digital Marketing 
pada Pelaku UMKM Stik Talas di Desa Salamrejo
Sumber: Dokumentasi Pribadi

wirausahanesia.comSalamrejo, Kab. Temanggung (19/01/2024) – Seiring dengan perkembangan teknologi, terlebih di era digitalisasi ini digital marketing sangatlah penting bagi pengembangan UMKM. Digital marketing adalah kegiatan pemasaran atau promosi suatu merek atau produk atau jasa yang dilakukan melalui media digital atau internet dengan tujuan untuk menarik konsumen. 

Desa Salamrejo merupakan salah satu desa yang memiliki potensi menjanjikan untuk kegiatan bisnis UMKM. Salah satunya yaitu UMKM makanan rumahan yang dibuat dengan bahan berkualitas tanpa pengawet. Namun terkait dengan pemasarannya masih terbilang rendah yang mana masih menggunakan metode dari mulut ke mulut sehingga kurang efektif dalam memperluas target pasarnya.

Maka dari itu, pelatihan dan pendampingan digital marketing dilakukan untuk memperkenalkan strategi pemasaran berbasis digital, memperkenalkan e-commerce dan media sosial sebagai sarana pemasaran, serta manfaat pemasaran secara digital. Hal yang paling utama dalam digital marketing adalah bagaimana peran media sosial dalam membranding produk atau merek guna meningkatkan pemasaran. Media sosial yang sering digunakan untuk mempermudah kegiatan pemasaran adalah Facebook, Instagram, dan Whatsapp. Pemasaran yang lebih luas akan meningkatkan penjualan dan mempererat jalinan antara penjual dengan konsumen karena komunikasi yang interaktif dan informatif.

Program kerja ini dilaksanakan pada UMKM Stik Talas milik Bu Nuzul yang ada di Desa Salamrejo, di mana Bu Nuzul hanya menjualkan produknya jika ada pesanan dan hanya memasarkan produknya dengan menitipkan pada warung-warung kecil. Jika dilihat dari segi rasa dan kualitas talasnya, produk ini sangat cocok untuk masuk ke e-commerce atau marketplace sehingga dapat memperluas target pasarnya. 

Bu Nuzul sangatlah berterima kasih telah dibantu dalam memasarkan produknya dengan strategi pemasaran berbasis digital. Produk stik talas ini yang awalnya hanya dapat dibeli oleh masyarakat sekitar Desa Salamrejo saja, kini dapat dijangkau oleh masyarakat luas yang dapat dikirim hingga ke luar kota melalui media sosial maupun e-commerce.

Digital marketing ini memiliki beberapa manfaat di antaranya dapat menjangkau hampir semua pasar, biaya yang dikeluarkan jauh lebih murah, serta dapat meningkatkan citra dari produk atau merek usahanya. Dengan diadakannya program kerja ini, diharapkan para pelaku UMKM yang ada di Desa Salamrejo dapat menambah wawasan terkait strategi pemasaran yang efektif dan efisien guna meningkatkan penjualan dan bersaing dengan kompetitor lain. Selain itu, ini juga merupakan bagian dari upaya pemerintah guna meningkatkan kapabilitas dan kesejahteraan para pelaku UMKM di Desa Salamrejo.



Penulis: 
Tarizma Ardis Octaviani 
(Akuntansi – Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro)

Dosen Pembimbing: 
Dr. Ir. Baginda Iskandar Moeda T., M.Si., IPM., ASEAN Eng.

Editor:
Achmad Munandar