Pemanfaatan Sampah Organik Untuk Melestarikan Lingkungan: Pelatihan Pembuatan Cairan Eco Enzyme dari Sampah Organik Dapur Oleh Mahasiswan KKN Tim I UNDIP 2024 di Desa Kacepit, Kabupaten Temanggung

Pemanfaatan Sampah Organik Untuk Melestarikan Lingkungan: Pelatihan Pembuatan Cairan Eco Enzyme dari Sampah Organik Dapur Oleh Mahasiswan KKN Tim I UNDIP 2024 di Desa Kacepit, Kabupaten Temanggung

 



wirausahanesia.com - Desa Kacepit, Kabupaten Temanggung (05/02/2024)- Mahasiswa KKN TIM I Undip menginisiasikan pemanfaatan sampah organik yang  inovatif dengan memperkenalkan dan mengedukasi masyarakat Desa Kacepit tentang pembuatan cairan eco enzyme. Program kerja ini dilaksanakan pada Senin, 5 Februari 2024, pada kegiatan ini tidak hanya memberikan pengetahuan kepada masyarakat mengenai eco enzyme, tetapi juga melibatkan masyarakat untuk membuat eco enzyme.

Cairan eco enzyme ini dapat menjadi salah satu solusi untuk permasalahan sampah organik. Di Indonesia sendiri  komposisi sampah organik lebih banyak dibandingkan sampah anorganik yakni sebanyak 70%. Pembuatan cairan eco enzyme ini dapat mengurangi sampah organik yang dibuang ke lingkungan dan dapat menjadi berbagai macam produk yang bermanfaat seperti pupuk, cairan pembersih lantai, herbisida, cairan antiseptik, dan produk lainnya yang lebih ramah lingkungan dibandingkan produk yang menggunakan  bahan kimia buatan.

Melalui pendekatan yang interaktif, Mahasiswa KKN TIM I Undip memberikan pelatihan tentang manfaat dan cara pembuatan cairan eco enzyme. Mereka juga melakukan demonstrasi langsung di lapangan dan melibatkan masyarakat dalam pembuatan cairan eco enzyme serta menjelaskan mengenai cara penyimpanan, pemanenan, dan dosis penggunaan cairan eco enzyme.

Program kerja ini bukan hanya tentang memperkenalkan mengenai  cairan eco enzyme, tetapi juga  untuk membangun pemahaman mendalam dan keterlibatan masyarakat dalam mengatasi permasalahan sampah organik warga Desa Kacepit. Mahasiswa KKN TIM I Undip secara aktif mendukung masyarakat Desa Kacepit  untuk menjadi agen perubahan positif dalam pelestarian lingkungan. Dengan melibatkan semua pihak, program ini tidak hanya menciptakan solusi lingkungan yang praktis tetapi juga membangun kesadaran dan kepedulian lingkungan yang berkelanjutan.



Editor:
Achmad Munandar