Mahasiswa KKN TIM I Universitas Siponegoro Sosialisasi Pentingnya Hemat Energi Di SDN 02 Plakaran

Mahasiswa KKN TIM I Universitas Siponegoro Sosialisasi Pentingnya Hemat Energi Di SDN 02 Plakaran

 



wirausahanesia.comDesa Plakaran, Kec. Moga, Kab. Pemalang (26/01/2024), Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim I Universitas Diponegoro Tahun Ajaran 2023/2024 dilaksanakan di Desa Plakaran, Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang, pada tanggal 26 Januari 2024. 
 
Kegiatan yang dilakukan adalah memberikan pengetahuan kepada remaja tentang penghematan energi listrik. Kegiatan ini diselenggarakan karena setelah dilakukan survei kepada beberapa siswa sekolah dasar di Desa Plakaran, didapati bahwa kurangnya pemahaman tentang cara menghemat energi saat menggunakan peralatan listrik, terutama perangkat elektronik. Mereka belum sepenuhnya menyadari pentingnya melakukan konservasi dan penghematan energi dalam penggunaan peralatan elektronik. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada siswa sekolah dasar, khususnya siswa sekolah dasar kelas 5 di SDN 02 plakaran  tentang pentingnya melakukan penghematan energi listrik.

Pada tanggal 26 Januari 2024, Dalam kegiatan yang diikuti oleh para siswa SDN 02 Plakaran ini, saudara Trevin Reviansyah Dermawan menyajikan berbagai materi edukatif yang menarik dan interaktif diantaranya materi tentang penghematanenergi dalam kehidupan sehari-hari, langkah-langkah preventif dalam penggunaan listrik, teknik penghematan, dan penggunaan yang tepat dari peralatan listrik. Dalam pemaparan materi dilakukan juga demonstrasi sederhana untuk menjelaskan konsep hemat energi serta memberikan contoh praktis tentang cara menghemat energi di rumah dan di lingkungan sekolah. Selain itu, ia juga memberikan poster tentang penghematan energi listrik. Program ini berhasil menarik minat para siswa kelas 5 di SDN 02 Plakaran. Mereka dengan antusias mengikuti setiap penjelasan yang disampaikan oleh Trevin Reviansyah Dermawan. 

Setelah program edukasi selesai,para siswa diberikan kuis interaktif terkait pemahaman tentang materi penghematan energi listrik yang telah diberikan. Mereka dengan antusias mengikuti kuis interaktif yang diberikan oleh Trevin Reviansyah Dermawan. Kegiatan sosialisasi tentang hemat energi ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya generasi muda, tentang pentingnya menjaga lingkungan dan menggunakan sumber daya secara bertanggung jawab. Dengan upaya yang terus-menerus, diharapkan Desa Plakaran dapat menjadi contoh dalam penerapan gaya hidup ramah lingkungan dan berkelanjutan.



Editor:
Achmad Munandar