Jangkau Pasar UMKM Lebih Luas: Mahasiswa KKN TIM 1 UNDIP Lakukan Pendampingan Pengajuan Proposal UMKM

Jangkau Pasar UMKM Lebih Luas: Mahasiswa KKN TIM 1 UNDIP Lakukan Pendampingan Pengajuan Proposal UMKM

 


wirausahanesia.comJumat, 2 Februari 2024 di Desa Karanganyar, Kec. Weru, Kab. Sukoharjo. Mahasiswa KKN TIM 1 UNDIP Melaksanakan kegiatan penyerahan proposal pengajuan produk kepada UMKM Tahu Pioneer. Program kerja multidisiplin Tim 1 KKN UNDIP yang berjudul “Pendampingan Pengajuan Proposal UMKM "Tahu Pioneer" dalam Upaya Memperluas Jangkauan Pasar”. 

Alasan Kami pemilihan program ini dikarenakan mayoritas masyarakat Desa Karanganyar bergerak di bidang industri tahu, akan tetapi penjualan hasil pengolahan hanya dipasarkan di pasar lokal sekitar Desa Karanganyar. Padahal hasil pengolahan berpotensi untuk dipasarkan di pasar yang lebih luas.
  

Kegiatan dilaksanakan diawali dengan survei lapangan, wawancara dengan owner umkm tahu pioneer, dalam tahap wawancara Kami (mahasiswa kkn undip) berdiskusi dengan Mbak Nining (owner tahu pioneer) terkait proses penyusunan proposal, adapun hasil diskusi menargetkan proposal ini akan digunakan untuk pengajuan produk ke Superindo salah satu supermarket dengan pasar yang jangkauannya lebih luas. 


Adapun program ini Kami lakukan bertujuan meningkatkan daya jual produk dengan memaksimalkan pemasaran, adapun umkm tahu pioneer merupakan umkm lokal pertama yang berani memasarkan produknya ke luar kota. Sehingga kedepannya umkm lain dapat menyusul untuk berani memasarkan produknya tidak hanya di pasar lokal saja.



Penulis: 
TIM I KKN UNDIP 2024

Dosen Pembimbing Lapangan: 
dr. Siti Fatimah, M.Kes

Lokasi: 
Desa Karanganyar, Kecamatan Weru, Kabupaten Sukoharjo

#Tahupioneer #kknundiptim1 #p2kknundip #lppmundip #undip 

Editor:
Achmad Munandar