Mahasiswa KKN Undip Lakukan Pengembangan UMKM melalui Inovasi Label dan Pengemasan

Mahasiswa KKN Undip Lakukan Pengembangan UMKM melalui Inovasi Label dan Pengemasan

 



wirausahanesia.comMagelang (31/01/2024) – Seiring dengan perkembangan zaman, pertumbuhan dan pembangunan ekonomi berperan penting dalam upaya meningkatkan kesejahteraan rakyat. Peran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sangat penting bagi pertumbuhan ekonomi sebuah wilayah, terutama sebagai salah satu penggeraknya. Salah satu cara agar produk kreatif suatu daerah dikenal adalah melalui keberadaan UMKM yang menawarkan peluang bisnis bagi pelaku usaha. Dengan demikian, UMKM juga dapat berfungsi sebagai wadah yang baik untuk menciptakan lapangan pekerjaan, dan keberadaannya mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang terlibat langsung dalam pendirian UMKM.

Bersamaan dengan kemajuan teknologi informasi, nilai ekonomi dari produk UMKM bergantung pada pemanfaatan kreativitas dan penciptaan inovasi daripada bahan baku atau sistem produksi. Namun, masalah sering muncul ketika kreativitas dan inovasi tidak diimbangi dengan kemampuan modal dan peralatan yang digunakan, serta kesulitan dalam pemasaran yang memungkinkan produk-produk tersebut dibuat.

Keadaan tersebut serupa dengan permasalahan yang dihadapi oleh beberapa UMKM di Desa Banaran, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang. Bahwasanya, UMKM Keripik Ceriping “Brata Sena” mengalami keterbatasan modal dan kemampuan pemasarannya sejak terdampak COVID-19 sehingga produk yang diciptakannya belum dapat dikembangkan secara maksimal karena skala produksinya yang terbilang stagnan.

Hal ini mendorong salah satu mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro, Dimas Fahreza, untuk melakukan pengembangan dalam hal pemasaran dengan cara memberikan inovasi desain label dan kemasan baru. Harapannya, desain label dan kemasan baru tersebut bisa memberikan dampak positif dan digunakan untuk kedepannya oleh UMKM Keripik Ceriping “Brata Sena” 

Kegiatan tersebut mendapatkan antusias yang baik dari pelaku UMKM “Brata Sena” ditambah lagi Dimas Fahreza tidak hanya memberikan contoh label dan kemasan baru, Ia juga memberikan file desain agar dapat digunakan untuk berkelanjutan.




Editor:
Achmad Munandar