Peningkatan Aktivitas Fisik Santri, Mahasiswa KKN UNDIP Membuat Program Ahad Sehat di Pondok Pesantren Putri Darul Ilmi

Peningkatan Aktivitas Fisik Santri, Mahasiswa KKN UNDIP Membuat Program Ahad Sehat di Pondok Pesantren Putri Darul Ilmi

 


wirausahanesia.comPondok Pesantren Darul Ilmi merupakan salah satu pondok pesantren di lingkungan Universitas Diponegoro yang santrinya terdiri dari mahasiswa dari beberapa kampus di sekitar Kecamatan Tembalang, Kota Semarang. Seorang santri sekaligus mahasiswa atau biasa disebut dengan Mahasantri seringkali lengah dalam menjaga kesehatan karena terlalu fokus di dunia akademik. Pondok Pesantren menjadi salah satu tempat yang tepat untuk menggerakkan masyarakat dalam hal ini adalah santri untuk menjaga kesehatan diri. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu masalah kesehatan yang sering terjadi di kalangan mahasantri adalah kurangnya aktivitas fisik seperti olahraga rutin. Hal ini dapat menimbulkan berbagai macam gangguan kesehatan seperti obesitas, insomnia, stres, mudah lelah, dan meningkatkan risiko penyakit kronis.

Dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan santri, mahasiswa KKN Tematik Lingkar Universitas Diponegoro membuat program Ahad Sehat sebagai upaya peningkatan aktivitas fisik pada mahasantri di Pondok Pesantren Putri Darul Ilmi Tembalang, Kota Semarang. Aktivitas fisik dilakukan setiap satu minggu sekali di Hari Minggu dengan pilihan kegiatan seperti badminton dan berbagai macam senam yang dapat dilakukan diluar maupun didalam ruangan. 
 
Ahad Sehat - Pertandingan Badminton

Kegiatan Ahad Sehat dibuka dengan Pertandingan Badminton yang berlangsung pada tanggal 10 Desember 2023 bertempat di gedung olahraga. Kegiatan ini diikuti oleh santri putri dan santri putra Pondok Pesantren Darul Ilmi. Seluruh santri terlihat sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut. Untuk menunjang keberjalanan program, maka dibuat papan jadwal yang ditempel di asrama putri dan penanggung jawab kegiatan Ahad Sehat. Penanggung jawab kegiatan dipilih dari santri putri yang bertugas sebagai pembuat jadwal dan pengingat kepada santri yang lain untuk mengikuti kegiatan Ahad Sehat.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menyebutkan bahwa olahraga merupakan salah satu cara melepas stres yang efektif. Selama berolahraga tubuh kita menghasilkan enzim yang disebut endorphin, satu jenis morfin alami yang memicu rasa senang dan rileks. Olahraga adalah faktor penting dalam pola hidup sehat. Tak hanya membuat tubuh menjadi bugar, olahraga juga efektif menurunkan berat badan, mencegah penyakit kronis, memperluas pergaulan sosial, dan mengurangi stres. Olahraga tidak harus mahal, latihan aerobik yang murah dan efektif, seperti senam, jalan kaki, jogging, lompat tali, bersepeda, berenang, dan lainnya juga efektif jika dilakukan secara teratur. Setelah kegiatan ini diharapkan santri putri Pondok Pesantren Darul Ilmi dapat melakukan aktivitas fisik secara rutin minimal seminggu sekali serta dapat berperan aktif sebagai agen perubahan dalam peningkatan derajat kesehatan masyarakat.



Penulis: 
Silvi Inayatil Maula
Kecamatan Tembalang, Kota Semarang


Editor:
Achmad Munandar