Mahasiswa TIM 1 KKN UNDIP Sosialisasi dan Pelatihan Pembukuan Mudah Untuk UMKM

Mahasiswa TIM 1 KKN UNDIP Sosialisasi dan Pelatihan Pembukuan Mudah Untuk UMKM

 


wirausahanesia.comKegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler TIM 1 UNDIP tahun 2022/2023 diselengarakan secara langsung atau terjun ke masyarakat langsung di beberapa daerah khususnya di Provinsi Jawa Tengah.

Para mahasiswa KKN UNDIP melakukan beberapa program yang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat dan sebagai bentuk pengabdian kepada para masyarakat. Hiba (22), mahasiswa UNDIP yang melakukan KKN di Desa Mlale dengan program studi Akuntansi 2019.

Pelaksanaan program ini diawali dengan melakukan beberapa survey ke  para pelaku UMKM ada di Desa Mlale.

Lalu tindak selanjutnya setelah melakukan survey adalah melakukan diskusi dengan  pelaku UMKM yang kesulitan mengelola keungan  mereka, lalu dapat ditarik sumber masalahnya yaitu kesulitan dalam pembuatan laporan keuangan yang mudah dan efektif.

Dengan adanya Sosialisasi dan pelatihan  ini diharapakan dapat membantu dalam pembuatan laporan keuangan yang efektif dan mudah.Sosialisasi dan Pelatihan ini diadakan pada tanggal 31 Januari 2023 dan diselenggarakan di Gor Kelurahan Mlale

Dalam pelaksanaannya, program kerja monodisplin atau program keilmuan ini dilaksanakan melalui kegiatan sosialisasi pelatihan pembukuan bagi para pelaku UMKM.Para pelaku UMKM di kumpulkan dalam suatu acara dimana nanti dalam acara tersebut para pelaku UMKM diberi pelatihan mengenai hal apa saja yang wajib ada dalam pembukuan sederhana untuk UMKM.

Hambatan yang terjadi dalam pelaksanaan program kerja ini yaitu kendala di istilah dalam akuntansi.Dalam hal ini para pelaku UMKM masih sulit mengerti istilah tersebut karena hal ini masih baru bagi mereka.


Lalu untuk menindak lanjuti dari hambatan  adalah dengan membantu memberikan pengarahan dan menjelaskan istilah kata dalam akuntansi.Maka ada beberapa kata dalam akuntansi diubah menjadi sesederhana mungkin menjadi bahasa sehari-hari agar lebih mudah di mengerti.

Untuk memudahkan pembuatan pembukuan ini,Hiba (22) membuat modul yang berisikan tentang Hal yang terdapat dalam pembukuan akuntansi untuk UMKM serta istilah istilah dalam akuntansi.

Ketercapain dari program ini dapat dilihat dengan pahamnya para UMKM bahwa pembukuan akuntansi untuk usaha UMKM sangat penting,serta mereka dapat mempraktikan sendiri bagaimana cara pembukuan untuk UMKM.

Harapan dengan adanya pelatihan  pembukuan untuk UMKM diharapkan para pelaku UMKM dapat mengerti cara melakukan pembukuan usaha dengan benar dan tidak mengalami kesalahan pembukuan serta dapat menambah kesejahteraan masyarakat yang ada di Desa Mlale.