Mahasiswa KKN UNDIP Sosialisasikan Pentingnya Manajemen Pemasaran untuk UMKM

Mahasiswa KKN UNDIP Sosialisasikan Pentingnya Manajemen Pemasaran untuk UMKM

 


wirausahanesia.comSragen. Jawa Tengah (31/1/2023) Mahasiswa KKN Tim I Universitas Diponegoro Hendra Darmawan (Manajemen 2019) melakukan sosialisasi terkait pentingnya manajemen pemasaran bagi pelaku UMKM di Desa Mlale. 

Manajemen pemasaran adalah sebuah rangkaian perencanaan, proses pelaksanaan, pengawasan serta kegiatan pengendalian pemasaran suatu produk, agar sebuah perusahaan bisa mencapai target secara efektif dan efisien. 

Manfaat manajemen pemasaran bagi UMKM diantaranya untuk mengetahui selera pasar, membangun kesadaran merek, mengetahui target market dengan akurat, menciptakan hubungan dengan target market, dan meningkatkan pemasukan.

Berdasarkan informasi dan hasil survey yang diperoleh dari warga setempat di Desa Mlale, terdapat komoditas pisang yang cukup tinggi dan dapat dimanfaatkan oleh masing-masing rumah tangga karena hampir setiap rumah menanam buah pisang sebagai upaya untuk memanfaatkan lahan kosong di pekarangan rumah mereka. 

Namun pemanfaataan buah pisang masih kurang maksimal dimana kebanyakan warga langsung menjual atau mengonsumsi pisang hasil panen  secara langsung tanpa diolah terlebih dahulu. Oleh karena itu, dalam hal ini diberikan edukasi manajemen pemasaran untuk menunjang ekonomi kreatif dari produk olahan yang dihasilkan oleh pisang.  


Edukasi diadakan pada Selasa (31/1), pukul 13.00 WIB dengan mengundang warga Desa Mlale dan pelaku UMKM di Desa Mlale. Pelaksanaan program ini diawali dengan penyampaian materi secara lisan terkait pentingnya manajemen pemasaran dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Kegiatan ini juga dilengkapi dengan pemberian modul mengenai ekonomi kreatif.

Dengan adanya program tersebut, diharapkan dapat mengajak dan memberikan edukasi kepada masyarakat Desa Mlale agar dapat mengembangkan sebuah produk olahan dari bahan pangan lokal yang tersedia sehingga dapat diperjualbelikan dan dapat menambah penghasilan masysrakat Desa Mlale.