Kisah Saya 2.5 Bulan Jualan Pulsa dan Kuota di Desa

Kisah Saya 2.5 Bulan Jualan Pulsa dan Kuota di Desa

 


wirausahanesia.com - Selama dua setengah bulan ini saya fokus pada usaha konter pulsa di rumah. Selain pulsa biasa juga menyediakan voucher kuota, token PLN, top up game dan top dompet digital.

Selain layanan di atas, saya juga menjual aneka aksesroris handphone dari earphone, headset, kabel data, charger, hand grib, lanyard, speaker bluetooth hingga injector kartu gms.

Barang-barang ini saya beli di toko online, beberapa merk tidal terkenal produk china yang murah harganya. Sebagian lagi yang kualitas bagus seperti Foome dan Zagbox. 

Cara tersebut untuk menggaet para pembeli tetangga di desa yang secara budget tidak terlalu besar. 

Agar tak hanya konter pulsa, data dan aksesoris saya juga menambahkan produk alat tulis sekolah dengan harapan dapat pembeli dari pelajar dan anak sekolah.

Beberapa saya beli dari toko di pasar, selebihnya saya cari di e-comerce. Produknya berupa buku tulis, buku gambar, pensil, bolpen, penghapus, penggaris dll.

Ada pula produk lampu led dari yang 5 watt, 10 watt, 20 watt serta led emergency yang kalau mati lampu bisa hidup sendiri.

Selama dua setengah bulan prospeknya mulai nampak, dalam sehari paling tidak ada 5 hingga 20 transaksi. Tapi karena produk seperti pulsa dan kuota marginya kecil hasilnya juga belum banyak.

Dalam sebulan setidaknya ada omset Rp 5.000.000 hingga Rp 7.500.000 dengan margin keuntungan sekitar 10 hingga 15 persen.

Beruntung untuk tempat usaha adalah rumah sendiri jadi tidak terbebani oleh harga sewa dan dijaga sendiri sehingga tak perlu mengeluarkan anggaran untuk karyawan.

Demikian sobat wirausahanesia cerita saya yang buka usaha konter pulsa dan paket data selama dua setengah bulan di desa, semoga bermanfaat.

Apakah masih prospek di saat wifi mulai masuk desa? Menurut saya masih asal telaten saja.

Tips untuk belanja voucher kuota internet cobalah beli di kecamatan atau kebupaten tempat tingggalmu.

Biasanya konter besar membuka program grosir, dengan beli dalam jumlah tertentu bakal dapat potongan harga. Tambahkan saja 10 hingga 20 persen margin untuk menjualnya.

Memang kecil selosoh keuntungannya, maka kuncinya ada di kuantitas transasksi harian.

Sekarang juga bisa ditambah dengan jasa payment gateway seperti agen BRI Link untuk transfer dan ambil uang.

Semoga bermanfaat.


Penulis
Allia