Mahasiswa KKN TIM II UNDIP ajak warga Desa Karangjati untuk Cerdas Memilih dan Mempertahankan Kesegaran Ikan Guna Cegah Stunting dan Mendukung GEMARIKAN

Mahasiswa KKN TIM II UNDIP ajak warga Desa Karangjati untuk Cerdas Memilih dan Mempertahankan Kesegaran Ikan Guna Cegah Stunting dan Mendukung GEMARIKAN

 


wirausahanesia.com - Boyolali (23/07/23)–Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II UNDIP 2023/2024 melaksanakan sosialisasi Wujudkan GEMARIKAN untuk Pencegahan Stunting bersama dengan Ibu-Ibu Dusun Suruhan, Desa Karangjati, Kecamatan Karangjati, Kabupaten Boyolali. Kegiatan sosialisasi dilaksanakan di halaman rumah Kepala Dusun Suruhan, Desa Karangjati sebagai perwujudan program kerja Tim II KKN UNDIP dengan warga khususnya ibu-ibu.

Kegiatan yang diikuti oleh ibu-ibu dari 7 RT ini dimulai dengan beberapa sambutan serta penjelasan dari ketua PKK, dan selanjutnya penjelasan terkait penanganan ikan segar oleh mahasiswa TIM II KKN UNDIP. Kegiatan yang dilaksanakan Minggu, 23/07 ini dimulai pukul 10.00 selaras dengan kesediaan ibu-ibu bersamaan dengan kumpulan rutin mingguan.

“Adanya sosialisasi Penanganan dan Pengolahan Ikan ini semoga dapat mengurangi angka stunting yang terdapat di desa ini dengan memberikan asupan nutrisi yang baik melalui perwujudan GEMARIKAN sehingga sedikit banyak dapat berdampak pada kesehatan,” ucap warga.

Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan atau yang dikenal dengan GEMARIKAN bertujuan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat agar gemar mengkonsumsi ikan sehingga tercipta generasi yang sehat, kuat dan cerdas.


“Pengolahan Ikan Segar yang baik untuk dikonsumsi perlu memperhatikan kualitas dan kesegaran ikan, dengan itu tentunya penanganan ikan perlu diperhatikan. Ikan segar dapat menjadi protein untuk anak sehingga dapat mencegah stunting dan baik untuk kecerdasan serta pertumbuhan anak” ucap dosen pembimbing TIM II KKN UNDIP.

Cara memilih ikan segar sangat perlu Anda ketahui agar ikan yang Anda konsumsi kandungan nutrisinya bisa diperoleh secara optimal. Bayangkan jika Anda tidak mengonsumsi ikan tidak segar, bisa saja ikan itu memberikan dampak yang tidak baik untuk kesehatan. Seperti yang diketahui ikan telah dikenal sebagai salah satu sumber protein yang  baik bagi kesehatan tubuh. Pemilihan ikan segar yang layak dikonsumsi juga perlu diperhatikan apabila membeli ikan, ikan yang segar dapat terlihat melalui ciri-ciri fisik ikan. diantaranya :

1. Mata ikan jernih dan cerah

2. Daging ikan elastis / kenyal

3. Insang berwarna merah

4. Tidak berbau yang menyengat / busuk

5. Sisik tidak mengelupas

6. Memiliki lendir bening





Penulis:
Ainina Kurnia Putri