Ide dan Peluang Bisnis Jasa Pengiriman Paket dan Ekspedisi Semakin Potensial di Era Digital

Ide dan Peluang Bisnis Jasa Pengiriman Paket dan Ekspedisi Semakin Potensial di Era Digital

 
wirausahanesia.com - Jika ditanya apa bisnis yang potensial beberapa tahun mendatang? jawaban saya adalah ekspedisi dan pengiriman paket atau barang.

Perkembangan toko online, ecomerce dan shifting bisnis ke layanan pesan antar lewat online bakal semakin membutuhkan peran ekspedisi, jasa pengiriman dan kargo.

Baik yang berupa pengiriman paket biasa, pengiriman barang berukuran besar dan jasa pengiriman paket dengan kecepatan tinggi atau someday delivery khusu makanan dan jarak dalam kota.

Untuk sobat yang ingin memulai usaha ada beberapa alternatif yang bisa dilakukan, berikut daftarnya.


1. Franchise ekspedisi ternama
Membuka kantor cabang dari ekspedisi ternama seperti JNE, Tiki, J&T, Wahana, dan teman-temanya. Mereka biasanya membuka peluang kerjsama bagi individu dan badan usaha sebagai mitra bisnis dengan sistem beli lisensi dan software di awal dan bagi hasil dari setiap paket yang dikirim lewat konter mitra. 

Besaran bagi hasilnya bergam mulai dari 20% dari nominal transaksi misal sebuah paket ongkirnya Rp 10.000 maka mitra dapat komisi Rp 2.000 kuncinya di jumlah transaksi harian.


2. Buka jasa pengiriman All In
Alternatif lain jika mengajukan franchise ada kendala adalah memanfaatkan all in layanan pengiriman dari beberapa aplikasi misalnnya Shipper dan Mitrabukalapak. 

Aplikasi ini biasanya menyediakan beberapa pilihan jasa dari berbagai ekspedisi dalam satu aplikasi. Dengan demikian tak perlu bayar lisensi di awal sehingga lebih murah.



3. Jasa pengiriman Someday Delivery
Bisa dengan bergabung dengan apliaksi gosend, grab express, shopeefood atau paxel yang bisa dilakukan dengan kendaraan roda dua atau motor.


4. Buka jasa pengiriman sendiri
Dengan membuat akun instagram, sertakan nomer whatsapp dan umumkan apa saja jasa deliverynya, yang paling mungkin adalah jasa pengiriman dalam kota dengan kendaraan bermotor atau bisa juga jasa ngkut luar kota dengan mobil.


Demikian tadi sobat wirausahanesia, postingan kita kali ini tentang Ide dan Peluang Bisnis Jasa Pengiriman Paket dan Ekspedisi Semakin Potensial di Era Digital. Semoga bermanfaat sampai jumpa.



Penulis
Achmad Munandar