Tips dan Strategi Lolos SNBP 2024 Dengan Belajar Menggunakan Ruangguru

Tips dan Strategi Lolos SNBP 2024 Dengan Belajar Menggunakan Ruangguru

Ilustrasi: Girls Studying/Shutterstock

 
Wirausahanesia.com -  Halo sobat pelajar, tak terasa kita sudah masuk tahun 2024, bagi yang sudah kelas tiga atau dua belas pasti sedang mempersiapkan untuk masuk perguruan tinggi ya. Sudah memutuskan mau kuliah di perguruan tinggi yang mana?

Sebagaimana kita tahu, jalur masuk perguruan tinggi ada beberapa, salah satu yang paling awal dan dinantikan banyak siswa adalah jalur SNBP. SNBP adalah singkatan dari Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi. SNBP atau jalur undangan merupakan nama yang digunakan untuk mengganti SNMPTN mulai tahun 2023. Nah, jalur seleksi SNBP akan berdasarkan pada nilai rapor rata-rata semua pelajaran, portofolio, prestasi non akademik, dan penilaian masing-masing kampus.

Seleksi SNBP 2024 bakal ketat sekali tahun ini, tapi tenang saja, lewat postingan kali ini kami akan berbagi tentang Tips dan Strategi Lolos SNBP 2024 Dengan Belajar Menggunakan Ruangguru.

8 Tips untuk Lolos Seleksi SNBP 

1. Pahami aturan dasar
Sebelum sobat mendaftar pada jalur seleksi SNBP 2024, kami sarankan untuk memahami aturan dasar yang berlaku. Informasi tersebut dapat diakses melalui laman resmi yang tersedia.


2. Coba analisis nilai rapor 
Analisis nilai rapor dengan mengacu pada kebijakan terbaru yang dikeluarkan oleh Kemendikbud Ristek,analisis hasilnya dengan rumus yang tersedia. Setelah itu, cocokkan hasil analisis dengan jurusan yang ingin dituju saat kuliah.

Analisis ini bisa dilakukan mandiri, dengan bantuan sekolah atau menggunakan fitur Rasionalisasi SNBP dari Ruangguru.


3. Sesuaikan nilai rapor dengan jurusan yang akan dipilih
Pastikan nilai rapor yang sobat miliki sesuai dengan jurusan yang ingin dituju. Jika nilai rapor sobat agak rendah, coba pilih jurusan lain yang sesuai, pilihlah dengan bijaksana.

 
4. Buat portofolio dengan sebaik mungkin
Seperti yang kita ketahui, seleksi melalui SNBP juga mempertimbangkan portofolio sebagai salah satu bahan pertimbangan. Namun, tidak semua jurusan membutuhkan portofolio sebagai faktor penentu kelulusan. jadi buatlah portofolio dengan segenap kemampuan agar menghasilkan karya terbaik.

Ilustrasi: Girls Reading Book/Shutterstock


5. Catat jadwal seleksi SNBP
Tidak jarang saat mendaftar PTN, siswa melewatkan jadwal seleksi. Agar hal ini tidak terjadi buatlah pengingat pada setiap tahapannya di smartphone, tulis di kertas atau tempel di tempat yang mudah dilihat. 

 
6. Penuhi persyaratan pendaftaran seleksi SNBP 2024
Penuhi semua persyaratan yang dibutuhkan saat mendaftar SNBP, baik persyaratan umum maupun persyaratan khusus. Perlu diingat bahwa persyaratan setiap jurusan di setiap PTN bisa berbeda, jadi pastikan untuk memperoleh informasi yang benar melalui situs web PTN terkait.

 
7. Tetap optimis dan berdoa
Hal ini sangat penting, sobat harus selalu berprasangka baik dan percaya pada keputusan Tuhan. Setelah berusaha sebaik-baiknya, yakinlah bahwa Tuhan akan memberikan hasil yang terbaik. 


8. Ikut program SNBP 2024 dari Ruangguru
Ruangguru selama ini sudah menjadi teman setia para pejuang yang ingin masuk perguruan tinggi termasuk Seleksi SNBP 2024. Sobat bisa lebih tertata dalam persiapan dengan memanfaatkan berbagai fitur dan layanan dari Ruangguru mulai dari latihan soal, tryout, tips dan triks dengan harga yang sangat terjangkau.

Sudah banyak siswa yang membuktikan, bersama program Ruangguru mereka berhasil menggapai mimpi masuk perguruan tinggi yang diimpikan lewat jalur Seleksi SNBP 2024, so gak usah ragu lagi, ayo segera mendaftar di Ruangguru.


Demikian tadi sobat pelajar postingan kita kali ini tentang Tips Tips dan Strategi Lolos SNBP 2024 Dengan Belajar Menggunakan Ruangguru. Jangan lupa pantengin jadwal dan alurnya agar tidak terlalu mepet untuk Daftar SNBP 2024, tetap semangat semoga sukses.