Apakah Bisnis dari PKM dan PMW Bisa Tumbuh dan Berkembang?

Apakah Bisnis dari PKM dan PMW Bisa Tumbuh dan Berkembang?

 

Campusnesia.co.id - Suatu ketika ada sebuah pertanyaan dalam sebuah postingan business plan competition, "Apakah Bisnis dari PKM dan PMW Bisa Tumbuh dan Berkembang?" jawaban saya Bisa!.

Sebagai bukti dan contoh saya akan menyebutkan sebuah UKM yang berada di Tembalang Semarang tepatnya di Gang Iwenisari No. 27 Banjarsari, dengan sepeda motor lokasi outletnya bisa ditempuh tak lebih dari 5 menit dari kampus Undip.

Namanya Loetju Merchandise, lebih dikenal sebagai Loetju.com mengacu pada situs toko onlinya yang berlamat di http://www.Loetju.com, oh ya spellingnya Loetju dibaca Lu-Cu bersal dari kata Lucu.

Loetju lahir dari Program Mahasiswa Wirausaha atau populer dikenal dengan sebutan PMW dari kampus Undip, berdasar info resmi dari laman Loetju.com mereka berdiri sejak 1 Januari 2010 dihitung sejak menempati outlet pertama mereka, namun kalau dihitung sejak ikut kompetisi bisnis efektif sejak pertengahan tahun 2019.


Sekilas info:
Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) adalah program prioritas Dikti yang pelaksanaannya didelegasikan kepada perguruan tinggi. Mahasiswa (secara individu atau kelompok) yang mempunyai minat dan bakat kewirausahaan dipacu untuk memulai berwirausaha dengan basis IPTEKS yang sedang dipelajarinya.

Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) merupakan program kreativitas mahasiswa dalam menciptakan aktivitas usaha. Tim mahasiswa harus melakukan analisis adanya kebutuhan dan peluang pasar, untuk selanjutnya membuat kreativitas (komoditas) usaha dalam rangka menyediakan kebutuhan pasar tersebut.


Untuk sebuah bisnis yang lahir dari kompetisi kampus, Loetju cukup tangguh bertahan hingga nyaris 12 tahun per 2022 ini, dengan segala suka duka yang pernah mereka alami termasuk pukulan telak pandemi selama dua tahun terakhir.

Oh ya, secara kategori Loetju bergerak di industri kreatif, digital printing, merchandising atau bahasa sederhananya percetakan.


Produknya meliputi aneka plakat dari plakat akrilik, plakat kayu, plakat marmer dan plakat kaca. Selain itu juga ada gelas mug, gantungan kunci, id card, tali lanyard, tas seminar, goodie bag, blocknote, jam, bolpen, stiker, spanduk, poster hingga kartu nama banyak pokoknya.

Namun jika boleh menyebut produk paling larisnya adalah aneka plakat, favorit karena waktu pengerjaan yang cepat, harga terjangkau, pilihan model banyak dan disediakan template desain serta kata-katanya.

Kunci keberhasilan mereka dalam bertahan dan berkembang adalah jeli dalam melihat peluang, beradaptasi dan sabar. Tak jarang bisnis segera bubar karena pengelolanya tak sabaran ingin segera cepat besar, padahal ada pepatah bijak bilang "mengelola bisnis bukan lari sprint tapi lari marathon yang butuh nafas panjang".

Sobat wirausahanesia yang ingin memesan langsung produk dari mereka bisa kunjungi toko onlinenya Loetju.com atau via whatsapp di nomer 085292613001.


Penulis
Simon Naluh