Referensi Ide Danusan Mahasiswa untuk Pendanaan Proker Organisasi

Referensi Ide Danusan Mahasiswa untuk Pendanaan Proker Organisasi

 


wirausahanesia.com - Dalam mewujudkan proker yang telah disusun dalam organisasi pasti butuh pendanaan. 

Sering kali anggaran dana bantuan dari kampus tidak mencukupi karena event yang besar. 

Di situasi seperti ini peran divisi dana usaha atau dikenal dengan danus jadi sangat vital selain divisi sponsorhip tentunya. 

Dahulu danusan dilakjkan degan cara konvensional hingga muncul anekdot danusan jual risol. 

Seiiring berkembangnya teknologi kini muncul danusan model baru yaogu paid promote di akun instagram panitia dan anghota organisasi yang kalau ditotal memang jumlah followernya pasti di angka puluhan ribu. 

Sayangnya danusan model paid promote ini kurang efektif dari sisi segementasi market yang tidak jelas dan belum tentu sesuai dengan sasaran si pengiklan, belum lagi tricky panitia yang post di second account dsb. Ditinjau dari isi estetik juga bakal merusak feed ig. 

Lewat postingan kali ini kami akan berbagi referensi ide danusan untuk proker mahasiswa yang patut docoba selain jual risol dan paid promote IG. 


1. Jualan merchandise 
Sense of belonging mahasiswa bisa dipupuk salahs atunya dengan mengenakan apparel seputar jurusan, fakultas dan kampusnya. 

Ini adalah peluang yang bisa dijadikan ide danusan, bikin desain merchandise tema jurusan, fakuktas dan kampus kemudian tawarkan ke mahasiswa baru, mahasiswa lama, alumni dan dosen. 

Agar lebih menarik kemas produk dan promosi ala clothing profesional, bahkan setelah kalian demisioner ide danusan ini bisa dilanjutkan jadi distro da clothing khas kampus lho.


2. Pengadaan kebutuhan mahasiswa
Pasti bakal butuh seragam olahraga, jaket angkatan dan jas lab untun nurusan tertentu. 

Ini adalah peluang ide danusan yang pasti tiap tahun bisa diulangi, tawarkan jasa pengadaan barang-barang kebutuhan kuliah dan keuntungannya bisa digunakan sebagai dana pelaksanaan proker kalian.


3. Buat homeless media
Buat homeless media khusus yang berafiliasi dengan himpunan, kelompok studi atau bem. 

Temanya bisa spesifik tentang jurusan da keilmuan atau media online dengan segmentasi pembaca mahasiswa. 

Dengan media online baik berupa website atau sosial media kelak saat dibutuhkan bisa dimonetise, menawarkan space iklan, endorse dan paid promote tanpa merusak feed ig anggota organisasi dan "memaksa" semua orang post iklan.


4. Investasi pada bisnis real sekitar kampus
Mungkin belum pernah terfikirkan, bisa lho dana yang terkumpul dari organisasi digunakan untuk investasi pada bisnis real yang potensial. 

Sekitar kampus adalah lokasi yang potensial banget sebagai tempat usaha, nyaris apapun dari loundry, coffe shop hingga yang sederhana seperti sosis bakar. 

Mengapa tidak bikin usaha atas nama organisasi? Hire karyawan profesional dan hasilnya untuk support proker yang telah disusun. 

Ide ini paling cocok untuk jenis organisasi seperti himpunan dan kelompok studi yang dari tahun ke tahun anggotanya pasti dari adik kelas. 

Itu tadi sobat wirausahanesia, postingan kuta kali ini tentang Referensi Ide Danusan Mahasiswa untuk Pendanaan Proker Organisasi semoga bermanfaat sampai jumpa.