4 Tips Jitu Jadi Pengusaha ala Sandiaga Salahuddin Uno

4 Tips Jitu Jadi Pengusaha ala Sandiaga Salahuddin Uno



wirausahanesia.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno memberikan empat tips jitu untuk menjadi pengusaha. 

Menurut Sandiaga, dengan membangun usaha atau bisnis yang sukses, otomatis akan memberikan dampak tidak hanya kepada diri sendiri, melainkan juga akan menciptakan lapangan pekerjaan yang lebih luas.

Pertama, memiliki niat yang kuat karena segala sesuatu tergantung niatnya atau innamal a'malu binniyat.

Kedua, Sandiaga menilai bahwa kemampuan dalam menciptakan keuangan yang kuat dengan akses permodalan yang ada akan mendorong kinerja bisnis. Outputnya akan mendorong usaha bisa lebih maju lagi. 

“Kemampuan untuk menciptakan keuangan yang kuat melalui permodalan, apalagi saat ini sudah ada permodalan digital, seperti peer to peer lending, dan fintech,” jelas dia. 

Sandiaga juga mengatakan, seorang pengusaha harus berinovasi, berkolaborasi dan berani mengambil risiko. Hal tersebut menurutnya merupakan hal penting bagi seorang pemimpin atau leader. 

“Mampu berinovasi dan berani mengambil risiko serta proactive, dan memiliki jiwa leadership. Itu adalah kunci sukses menjadi enterpreneur," jelas Sandiaga.

Sandiaga mengatakan, leadership dilakukan dengan, meneladani sifat-sifat Rasulullah ke dalam kehidupan sehari-hari, yaitu fathonah, amanah, sidiq, dan tabligh (cerdas, dapat dipercaya, benar atau selalu berkata jujur, dan menyampaikan wahyu/pesan).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Empat Tips Jadi Pengusaha Sukses Ala Sandiaga Uno"